Kisah Sekelompok Ilmuwan Meneliti Hantu dari Sudut Pandang Ilmiah (Bagian 1)

Kisah Sekelompok Ilmuwan Meneliti Hantu dari Sudut Pandang Ilmiah, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Apa yang muncul di benak, ketika memikirkan hantu? Makhluk transparan putih mengambang di udara? Roh-roh manusia mati yang gentayangan di gedung-gedung kosong? Wanita berambut panjang bermuka pucat yang nongkrong di loteng atap rumah?

Di University of Pennsylvania, sekelompok profesor—semua dari latar belakang akademik yang berbeda—berkumpul untuk memecahkan jawaban pertanyaan ini.

Mengambil pendekatan interdisipliner untuk menyelidiki hantu, anggota The Penn Ghost Project telah menghabiskan empat tahun terakhir menggunakan "berbagai eksplorasi ke dalam sejarah, literatur, studi agama, perawatan paliatif dan obat-obatan" untuk membuktikan bahwa hantu bukan sekadar makhluk yang menakut-nakuti di malam hari.

Berikut wawancara dengan Profesor Justin McDaniel, kepala departemen penelitian religius di University of Pennsylvania, dan salah satu pencetus Penn Ghost Project, untuk belajar lebih lanjut tentang penelitiannya.

Bisa diceritakan bagaimana Penn Ghost Project dimulai?

Proyek ini dimulai empat tahun yang lalu, ketika saya sadar bahwa di kampus Penn, kami memiliki dua belas ahli dari berbagai departemen—psikologi, nursing, sejarah seni, sejarah sains, studi Asia Selatan, studi Timur Tengah, studi agama, studi Slavic—yang pernah merilis buku atau melakukan penelitian seputar fenomena hantu dari berbagai negara.

Mereka semua memiliki sudut pandang dari area ekspertis masing-masing, jadi saya ajak kami semua berkumpul dan saling berbagi informasi. Dari situ, proyek kami berkembang. Kami sempat mengadakan sesi perbincangan tentang makhluk supernatural, mencari pemburu hantu, meneliti sejarah perburuan hantu di AS dan luar negeri, dan seterusnya.

Bagaimana cara kalian menyatukan orang dengan ambisi yang sama dalam hal hantu? 

Biarpun ada 2.000 profesor di kampus, tapi sebetulnya komunitas kami kecil. Kami sering ketemu di pertemuan dan acara-acara lainnya. Saya sering melihat orang-orang yang sama muncul di sesi perbincangan museum atau sesi ceramah departemen psikologi, jadi saya mulai dari situ.

Lambat laun, pertemuan kami menjadi pengalaman intelektual yang menyenangkan. Ada banyak sekali teman-teman profesor yang menghabiskan banyak waktu meneliti isu hantu, dan percakapannya selalu seru. Banyak yang tertarik. Kami pikir, kalau kami bikin acara, paling lima orang yang datang, tapi ternyata banyak yang hadir.

Anda adalah kepala departemen studi agama. Menurut Anda, apakah kepercayaan terhadap hantu bisa dianggap sebagai semacam agama sendiri? 

Ini topik yang menarik. Banyak orang dari budaya berbeda-beda yang percaya akan eksistensi hantu biasanya tidak religius. Namun ini tidak selalu eksklusif. Misalnya di negara yang sangat sekuler seperti Jepang. Biarpun angka penduduk religius rendah, banyak sekali yang percaya bahwa hantu itu nyata. Banyak juga orang di AS yang tidak beragama namun mengakui bahwa ada kemungkinan hantu itu nyata.

Dalam studi keagamaan yang saya lakukan, saya biasanya meneliti praktik hantu, ritual hantu dan kepercayaan akan hantu dalam agama Buddha—terutama di Asia Tenggara dan sedikit di Jepang. Hasilnya? Entah Anda pemeluk agama Buddha, Kristen, atau Islam, tingkat kepercayaan akan hantu lumayan tinggi.

Anda menulis buku berjudul The Lovelorn Ghost and the Magical Monk, yang menjelaskan fenomena hantu dalam kepercayaan Buddha di Thailand. Apakah benar kepercayaan terhadap hantu adalah hal umum, tidak peduli apa agama pemeluknya?

Betul. [Biarpun] kaum Yahudi konservatif [dan] seorang pemeluk agama Katolik pasti memiliki kehidupan yang berbeda, kepercayaan yang berbeda, ritual yang berbeda, mereka memiliki banyak paham yang serupa soal hantu. Agama mereka tidak mempengaruhi kepercayaan mereka soal hantu. Sepertinya, ini lebih berhubungan dengan fenomena budaya dan bukan agama.

Baca lanjutannya: Kisah Sekelompok Ilmuwan Meneliti Hantu dari Sudut Pandang Ilmiah (Bagian2)

Related

Science 172695283082809270

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item