Kisah Sekelompok Ilmuwan Meneliti Hantu dari Sudut Pandang Ilmiah (Bagian 2)

Kisah Sekelompok Ilmuwan Meneliti Hantu dari Sudut Pandang Ilmiah, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Kisah Sekelompok Ilmuwan Meneliti Hantu dari Sudut Pandang Ilmiah - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Apakah Anda meneliti hantu dari sudut pandang akademik, karena melihat hantu sebagai "fenomena budaya"? 

Tidak ada agama atau kultur dalam sejarah yang tidak memiliki kisah tentang makhluk spiritual yang muncul dari arwah mereka-mereka yang sudah meninggal. Dan beberapa kultur yang berbeda kerap memiliki kepercayaan yang sama dalam hal berhubungan dengan arwah-arwah. Inilah yang kami teliti. Kami tidak peduli hantu itu benar atau tidak.

Penelitian semacam ini sesungguhnya pernah dilakukan 130 tahun yang lalu, di University of Pennsylvania. Jadi, di masa lalu—terutama di akhir abad 19 dan awal abad 20—para akademis, entah berusaha membuktikan atau membantah kehadiran hantu, tapi kami sama sekali tidak peduli dengan ini. Kami merasa tidak benar-benar ada bukti apakah hantu itu nyata, jadi kami tidak ambil pusing.

Yang kami teliti adalah realitas kultural dan sosiologikal hantu—artinya entah mereka nyata atau tidak, mereka berpengaruh terhadap ekonomi (misalnya harga rumah), literatur dan film, cara orang berperilaku, apa yang manusia takuti, dan cara mereka mengekspresikan ketakutan tersebut.

Jadi kepercayaan akan hantu menghadirkan realitas sosiologikal dan psikologis bagi banyak orang. Inilah yang kami pelajari.

Anda bilang, penampakan hantu bisa mempengaruhi harga rumah. Apakah di banyak kebudayaan, calon pembeli sebenarnya peduli pada risiko dihantui?

Tepat sekali. Seseorang bisa mengatakan mereka tidak percaya hantu, tapi ketika mereka diberi pilihan rumah yang digosipkan berhantu dengan yang tidak, dengan keadaan yang sama, mereka akan memilih yang bersih.

Salah seorang murid saya tengah melakukan penelitian seputar harga penjualan rumah yang diasosiasikan dengan hantu. Hasilnya? Banyak rumah harganya di bawah nilai pasaran dibandingkan dengan rumah-rumah di sekeliling.

Jadi, ketika orang bertanya, "Kenapa melakukan penelitian akademis yang berhubungan dengan hal-hal aneh dan janggal?" atau semacamnya—dan ini jelas pertanyaan yang sah—kami selalu menjawab bahwa kami tidak peduli soal kebenaran hantu, tapi bahwa mereka memiliki dampak ekonomi yang nyata.

Biasanya ketika kalian berkumpul, apa kegiatannya?

Kami membawa juru bicara dari berbagai disiplin. Kami biasanya ngobrol dengan seorang psikiatris yang spesialisasinya psikologi anak-anak, dan meneliti dampak imajinasi. Bagaimana anak-anak bisa percaya akan eksistensi makhluk-makhluk antropomorfis yang tidak kasat mata? Hampir setiap anak kecil memiliki kepercayaan seperti ini. Kami juga ngobrol dengan ahli evolusi biologi, dan menelaah karya-karya antropologis kultur.

Kemudian, kami bertemu dengan fakultas lain dan membahas isu-isu ini—bukan untuk mendapatkan jawaban seputar asal dari fenomena hantu, karena asalnya selalu berbeda-beda, tapi untuk menciptakan kategori, untuk menciptakan pemetaan. Apakah orang percaya dengan hantu karena alasan psikologis? Atau tekanan sosial? Apakah murni kultural? Atau ada alasan biogenetik? Kami melihat berbagai faktor dan membahas mereka.

Apa kegiatan lain Penn Ghost Project?

Kegiatan kami lainnya: terlibat dengan perburuan hantu dengan cara menghubungi pemburu hantu profesional. Kami tidak peduli dengan urusan menemukan hantu, tapi kami ingin tahu kenapa mereka memilih pekerjaan ini, apa kepercayaan mereka, teknik yang mereka gunakan, dan mengapa.

Tarnyata bermacam-macam orang mengikuti perburuan hantu dengan cara yang berbeda-beda. Banyak yang memilih pendekatan teknis, dengan berbagai gadget dan mesin, namun ada juga yang sangat emosional, dan memiliki kedekatan emosional dengan hantu.

Ada juga mereka-mereka yang sudah sering mengikuti sesi pemeragaan kembali peristiwa-peristiwa bersejarah macam Perang Revolusi, Perang Saudara, dan sebagainya.

Baca lanjutannya: Kisah Sekelompok Ilmuwan Meneliti Hantu dari Sudut Pandang Ilmiah (Bagian 3)

Related

Science 2807249783966243964

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item