Pemasukan Berkurang Saat Wabah Corona? Ini Tips Mengelola Sisa Uang

Pemasukan Berkurang Saat Wabah Corona? Ini Tips Mengelola Sisa Uang, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Wabah virus corona yang terjadi di hampir seluruh dunia tidak hanya berdampak bagi kesehatan manusia, namun juga membuat kondisi ekonomi bergejolak. Banyak pekerja yang dirugikan. Mereka yang memiliki profesi dengan penghasilan harian, pemasukan bisa berkurang atau bahkan kehilangan pekerjaan.

Prediksi Covid-19 akan berlangsung panjang. Ada baiknya, setiap pekerja dengan gaji tak tetap dan yang dipecat memperhatikan cara mengelola gaji serta sisa uang. Melansir dari situs CNBC, perencana keuangan bersertifikat dan CIO Napa Valley Wealth Management, Kelly Crane, pun membagikan tipsnya.

Pertama, ia mengimbau agar Anda benar-benar mengurangi pengeluaran yang tidak dibutuhkan. “Hal utama yang paling berdampak besar saat mengelola sisa gaji adalah tidak memaksakan kehendak untuk membeli hal-hal tak penting. Segera sortir semua barang yang sekiranya bisa Anda lewatkan saat ini,” katanya.

Setelah membuat daftar hal-hal yang tidak penting, sekarang tulis apa yang pasti dibutuhkan. Misalnya makanan, cicilan rumah, kebutuhan untuk kebersihan diri, listrik, air, langganan paket data dan internet, dan asuransi.

“Anda pun harus memilih lagi. Mana yang penting dan wajib dipenuhi, serta mana yang sekiranya bisa ditunda bulan depan walaupun tetap penting,” katanya.

Menurut Crane, mereka yang memiliki simpanan uang mungkin bisa memenuhi semua kebutuhan. Namun jika tidak, maka yang paling penting adalah dua, yakni makanan dan tempat tinggal.

“Prioritas utama dari setiap kebutuhan adalah makanan dan tempat tinggal. Apabila Anda tidak memiliki cukup uang, hiraukan segala kebutuhan mendesak sekalipun, kecuali dua hal itu,” katanya.

Terakhir, usahakan jangan berutang. Sebab ini layaknya bom waktu yang pada akhirnya bisa membebani hidup Anda di masa mendatang. Namun jika sangat terpaksa, pastikan utang dapat dicicil dengan bunga nol persen.

“Dalam keadaan sangat mendesak, pastikan Anda berutang dengan ketentuan yang bisa disepakati, agar tidak memberikan efek buruk untuk ke depannya,” katanya.


Related

Tips 2203054290392760256

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item