Pertanyaan-pertanyaan Seputar Virus Corona, dan Jawabannya (Bagian 1)

Pertanyaan-pertanyaan Seputar Virus Corona, dan Jawabannya, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Wabah virus corona telah menjadi pandemi. Pertanyaan besar menggantung di benak banyak orang, seperti seberapa mematikan penyakit ini? Kalau kita pernah terkena, apakah kita memang menjadi kebal? Bisakah kita melindungi diri kita? Bagaimana cara virus ini menyebar begitu cepat?

Apakah masker bisa mencegah kita tertular virus, mengapa perlu hand sanitizer, dan bagaimana sebaiknya bersalaman? Apa yang terjadi pada tubuh jika terinfeksi virus corona? Berapa lama virus corona bisa bertahan pada permukaan?

Berikut sejumlah pertanyaan terkait virus corona, dan jawabannya.

Jika kita sembuh dari virus corona, apakah kita akan kebal terhadap virus ini? 

Masih terlalu dini untuk mendapatkan jawabannya secara pasti. Kemunculan virus ini baru diketahui akhir Desember lalu, namun dari pengamatan terhadap virus dan jenis virus corona lain, mestinya tubuh kita akan punya antibodi yang akan melindungi kita.

Pengalaman pasien SARS dan jenis virus corona yang lain, kecenderungannya adalah orang yang sudah terkena tidak akan lagi mengalami infeksi. Tapi ada laporan juga bahwa orang-orang di China yang sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19 ternyata positif lagi terkena.

Yang penting dipastikan adalah orang-orang ini tak menularkan virus corona ke orang lain.

Jika terkena, berapa lama kita akan sakit? 

Empat dari lima orang yang terkena virus corona, dampaknya bisa dikategorikan sebagai sedang, mirip dengan flu. Gejala yang ditimbulkan—yang paling sering—mencakup demam dan batuk kering.

Mungkin Anda akan merasa tak enak badan selama beberapa hari, dan mestinya akan kembali normal dalam tujuh hari setelah mengalami gejala-gejala tersebut. Jika virus mencapai paru-paru, Anda bisa mengalami sesak napas dan pneumonia.

Sekitar satu dari tujuh orang yang terkena virus corona perlu dirawat di rumah sakit.

Seberapa bahaya virus corona bagi para penderita asma? 

Pemerintah di Inggris mengatakan para penderita asma "sangat rentan" terhadap virus corona. Ini karena ketika penderita asma mengalami infeksi saluran pernapasan, misalnya yang disebabkan oleh virus corona, maka gejala asmanya akan kambuh.

Dianjurkan, mereka yang memiliki asma untuk tinggal di rumah selama setidaknya 12 pekan.

Organisasi asma di Inggris menganjurkan pil yang sudah diresepkan oleh dokter untuk mencegah serangan asma yang bisa dipicu oleh virus corona. Selain itu, dianjurkan pula untuk selalu membawa inhaler, siapa tahu terjadi serangan asma.

Apakah masker benar-benar berguna untuk melawan virus corona? 

Hanya ada sedikit bukti bahwa mengenakan masker membuat perubahan terkait berjangkitnya virus corona.

Para pakar menyatakan, yang lebih efektif adalah menjaga gaya hidup higienis, seperti sering mencuci tangan menggunakan sabun di bawah air mengalir, serta mencuci tangan sebelum menyentuh wajah terutama di sekitar mulut.

Apakah virus corona dapat ditularkan melalui pegangan pintu, dan berapa lama virus corona dapat bertahan? 

Bila orang yang terinfeksi virus dan menutup batuk dengan tangan mereka, kemudian mereka memegang sebuah benda, permukaan benda tersebut amat mungkin terkontaminasi. Pegangan pintu merupakan salah satu contoh permukaan benda yang dapat terkontaminasi virus.

Para pakar berpendapat virus corona dapat bertahan di permukaan benda selama beberapa hari. Jadi, memang yang terbaik adalah sering mencuci tangan Anda untuk membantu mengurangi risiko tertular serta untuk mencegah penyebaran virus.

Dapatkah virus corona menular melalui hubungan seks? 

Belum ada penjelasan mengenai hal ini, apakah hubungan seksual (cairan vagina dan sperma) merupakan salah satu cara transmisi virus corona yang harus kita waspadai. Sejauh ini, batuk dan bersin dinyatakan sebagai cara utama penyebaran virus corona.

Baca lanjutannya: Pertanyaan-pertanyaan Seputar Virus Corona, dan Jawabannya (Bagian 2)

Related

Science 2252512035853022653

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item