Pertanyaan-pertanyaan Seputar Virus Corona, dan Jawabannya (Bagian 2)

Pertanyaan-pertanyaan Seputar Virus Corona dan Jawabannya, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Pertanyaan-pertanyaan Seputar Virus Corona, dan Jawabannya - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Apa perbedaan antara virus corona dan flu? 

Virus corona dan influenza memiliki gejala yang mirip, membuat dokter sulit mendiagnosanya tanpa tes Covid-19. Gejala utama virus corona adalah demam dan batuk.

Sementara influenza sering kali diikuti dengan gejala lain, seperti sakit tenggorokan. Sedangkan virus corona bisa menyebabkan seseorang sesak napas.

Apakah virus corona lebih menular dibandingkan influenza? 

Masih terlalu dini untuk membandingkan. Namun kita tahu, baik virus corona maupun virus influenza memang sangat menular. Rata-rata, orang yang terinfeksi virus corona menularkannya pada dua hingga tiga orang lainnya, sementara mereka yang flu menularkannya kepada rata-rata satu orang.

Bagaimana pun, orang yang terinfeksi flu cenderung lebih cepat menularkan pada orang lain, sehingga kedua virus ini dapat menyebar dengan mudah.

Dapatkah kita tertular virus corona dari makanan yang disiapkan oleh orang yang terinfeksi virus corona? 

Seseorang yang sudah terjangkit virus corona dapat menularkan penyakitnya pada orang lain, bila ia menyiapkan makanan secara tidak higienis. Virus corona dapat tersebar melalui percikan air liur atau dahak ketika seseorang batuk.

Cuci tangan Anda sebelum memegang benda apa pun, juga wajah, serta sebelum makan. Ini imbauan yang diberikan untuk menghentikan penularan virus.

Saya seorang warga negara Inggris yang tinggal di Italia, tindak pencegahan apa yang dapat saya lakukan? 

Untuk mereka yang tinggal di Italia - dan ribuan orang yang bepergian ke negara ini - ada sejumlah langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah risiko virus corona.

Virus ini menyebar melalui kontak antar manusia, melalui percikan air liur atau dahak ketika batuk. Jadi sering mencuci tangan sangat penting. Cuci tangan menggunakan hand sanitizer yang berbasis alkohol, atau pakai air hangat dan sabun. Hindari memegang wajah. Hindari pula kontak dengan orang yang tengah batuk, bersin atau demam.

Setiap orang yang merasa terkena virus corona harus segera bicara dengan dokter mereka melalui telepon.

Apakah ada vaksinasi untuk mencegah terjangkit virus corona ini? 

Saat ini belum ada vaksin yang sudah teruji dapat melindungi kita dari virus corona jenis baru ini. Namun sejumlah peneliti tengah mengembangkannya. Virus ini merupakan jenis baru, sehingga ada banyak hal yang harus dipelajari oleh para dokter dan pakar.

Apakah iklim dan suhu berpengaruh terhadap penularan virus corona? 

Belum jelas, apakah suhu berpengaruh terhadap penyebaran virus corona. Virus-virus lain memiliki pola tertentu, seperti influenza yang lebih banyak berjangkit di bulan-bulan yang bersuhu lebih rendah atau hawa dingin.

Sejumlah riset menyatakan penyakit Mers (Middle East respiratory syndrome) - virus yang termasuk dalam kelompok virus corona - terpengaruh dengan kondisi iklim. Mers berkurang di bulan-bulan hangat.

Apakah orang yang sudah pernah kena pneumonia akan mengalami gejala virus corona yang lebih ringan? 

Virus corona, dalam beberapa kasus, dapat menjadi pneumonia, terutama pada orang yang sudah memiliki gangguan paru-paru. Namun, karena ini merupakan virus corona jenis baru, tidak ada seorang pun yang memiliki kekebalan terhadap virus ini.

Dengan demikian, pernah menderita pneumonia, atau penyakit yang berasal dari virus corona jenis lain seperti Sars, tidak membuat orang tersebut kebal terhadap penyakit covid-19 yang disebabkan virus corona jenis baru.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan kemungkinan butuh waktu 18 bulan sebelum vaksin untuk virus corona dapat diberikan kepada masyarakat.

Related

Science 1906140516013506484

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item