Kominfo Blokir Video Youtuber Indira Kalistha karena Dinilai Remehkan Corona

Kominfo Blokir Video Youtuber Indira Kalistha karena Dinilai Remehkan Corona, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyatakan pihaknya telah memblokir video yang menampilkan pernyataan salah satu Youtuber, yakni Indira Kalistha, yang mengatakan bahwa ia jarang memakai masker saat keluar rumah.

Padahal, pemerintah pusat telah mengeluarkan kebijakan selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memakai masker saat keluar rumah, demi menekan pandemi virus corona SARS-Cov-2 di Indonesia.

"Terkait dengan Youtuber (Indira Kalistha), hari itu juga (video diunggah tanggal 13 Mei 2020) kami mengambil tindakan tegas pemblokiran langsung," kata Menkominfo Johnny G. Plate saat konferensi pers secara virtual.

Selain itu, kata Johnny, Kemenkominfo saat ini tengah melakukan profiling untuk ditindak menurut aturan hukum.

"Sekarang lagi dilakukan profiling, apa yang harus dilakukan secara hukum melalui penegakan hukum, kalau itu dibutuhkan. Jadi tidak dibiarkan," pungkasnya.

Istilah profiling sendiri adalah alat investigasi yang digunakan oleh lembaga penegak hukum untuk mengidentifikasi kemungkinan tersangka, dan menganalisis pola yang dapat memprediksi tindak pidana di masa depan.

Sebelumnya, kontroversi Indira Kalistha berawal dari unggahan video podcast di akun Youtube Gritte Agatha pada 13 Mei 2020. Kala itu mereka membahas situasi Covid-19 di Indonesia.

Sebelum video diblokir, Indira sempat menyatakan, "Enggak, aku jarang pakai masker, pake sheet mask setiap hari. Kalau masker itu enggak pernah, kecuali ditegur kayak, ‘bu pakai maskernya ya’. Tapi kalau enggak ditegur, ya sudah, dibuka lagi. Kasian ini napas ditutup-tutup gitu, lho."

Sontak, banyak warganet yang menentang pernyataan Indira tersebut dan mereka menganggap vlogger kecantikan itu tidak menghargai para tenaga medis yang menjadi garda terdepan. Setelah mendapat banyak hujatan dari warganet, akhirnya Indira meminta maaf.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

News 4965902609763059894

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item