Massa Membeludak untuk Antre Bansos, Ibu Hamil Terjepit di Tengah Desak-desakan

Massa Membeludak untuk Antre Bansos, Ibu Hamil Terjepit di Tengah Desak-desakan, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Ratusan warga memadati area Kantor Desa Kecamatan Asembagus, Situbondo, Jawa Timur. Kerumunan massa mengular hingga ke jalan, demi antrean mendapatkan dana bantuan sosial (bansos) sebesar Rp600 ribu dari Kementerian Sosial.

Kepala Desa Asembagus, Ahmad Sani, mengaku kewalahan mengatasi animo kedatangan warga yang tidak mematuhi imbauan Pemerintah untuk physical distancing. Warga berdesak-desakan memasuki area kantor desa karena pembagian bansos menjelang waktu berbuka puasa, sehingga warga saling dorong.

Selain tidak menjaga jarak aman, beberapa warga terlihat tidak memakai masker. Selanjutnya, terlihat Petugas dari Pemerintahan Desa mendahulukan para lansia dan ibu hamil, karena terjepit di tengah kerumunan massa.

Tercatat sebanyak 856 warga yang terdaftar menerima bansos, namun Sani mengaku mengalami kekacauan data pada hari itu, hingga beberapa daftar penerima terpaksa dibekukan.

"Yang dibekukan pertama PNS, kedua yang meninggal, ketiga bagi orang yang betul-betul mampu namun tidak terdampak oleh covid-19, jadi sementara itu kita bekukan sambil menunggu petunjuk lebih jelas dari atasan," kata Sani.

Kondisi serupa juga sempat terjadi di area Kantor Dinas Sosial Kota Medan di Jalan Pinang Baris, Kecamatan Medan Sunggal. Warga berdesakan untuk mengajukan berkas administrasi demi mendapat dana bantuan sosial.

Kemudian kerumunan massa penerima bansos juga terjadi di Kecamatan Gubeng, Kota Surabaya. Ribuan massa mendatangi Kantor Pos Kebon Rojo Jalan Jawa, Kecamatan Gubeng, antri untuk mendapatkan dana bansos sebesar Rp600 ribu dari Kementerian Sosial.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

News 969564109384028800

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item