Tips Hidup Hemat dan Praktis, Sekaligus Mengurangi Sampah Rumah Tangga

Tips Hidup Hemat dan Praktis, Sekaligus Mengurangi Sampah Rumah Tangga, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Peningkatan beban sampah rumah tangga mencerminkan masyarakat yang tak bijak dalam mengelola sampah.

Setiap rumah tangga harus benar-benar memperlihatkan apa yang dikonsumsi, terutama ihwal jumlah. Pasalnya, konsumsi berlebih kerap berujung pada keputusan untuk membuang barang atau bahan pangan.

Untuk mengurangi sampah rumah tangga, mengutip Martha Stewart ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Rencanakan makanan

Makanan sisa bisa menjadi masalah besar dalam rumah tangga. Bukan cuma soal sampah bahan pangan, tapi juga sampah makanan sisa yang tak termakan.

Rencanakan jadwal dan resep makanan yang Anda inginkan. Ini akan membantu Anda untuk mengurangi sampah dan makanan sisa. Boleh saja mencoba berbagai resep makanan populer, namun tetap rencanakan apa yang akan dibuat hari ini sehingga makanan tak terbuang percuma.

Manfaatkan bagian yang tak terpikirkan

Ketika melihat brokoli, bagian mana yang Anda masak? Biasanya bagian bunganya. Begitu pula dengan seledri, biasanya hanya daunnya yang dipakai dan batang dibuang.

Bagian-bagian tersebut masih bisa dipakai untuk bahan makanan. Anda hanya harus berpikir sedikit kreatif untuk memanfaatkannya. Gunakan batang brokoli muda untuk tumisan atau salad, akar daun bawang yang sudah dibersihkan untuk bumbu kaldu. Atau Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai cikal bakal tanaman hidroponik.

Kurangi penggunaan plastik

Berapa banyak dari Anda yang memanfaatkan waktu untuk belanja online? Kardus-kardus bekas dan plastik pembungkus bisa dimanfaatkan untuk tempat penyimpanan atau kardus daur ulang.

Jika berbelanja ke supermarket, jangan lupa bawa kantong belanja sendiri agar kantong plastik tak menumpuk di rumah.

Related

Tips 1177354780524815474

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item