Dampak COVID-19 Semakin Berat, Sri Mulyani: Hidup Kita Tak Bisa Normal Lagi

Dampak COVID-19 Semakin Berat, Sri Mulyani: Hidup Kita Tak Bisa Normal Lagi, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Dampak pandemi COVID-19 terhadap seluruh sendi kehidupan bangsa, termasuk sektor ekonomi, semakin berat. Bahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani menganggap kondisi itu tidak lagi bisa normal.

Sri menuturkan, pandemi COVID-19 telah mengubah seluruh aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat. Aktivitas bisnis bahkan dikatakan Sri Mulyani sudah lagi tidak bisa bekerja maksimal sesuai kapasitasnya.

Misalnya, dia mencontohkan, untuk restoran ataupun pesawat terbang, bangku-bangku yang tersedia tidak lagi bisa terisi penuh. Sebab, untuk mencegah penyebaran wabah perlu adanya pembatasan jarak.

"Bisakah besok Anda act normal again, no. Karena besok masih ada COVID-19," kata Sri dalam webinar bertajuk Reimagining the Future of Indonesia’s Economy.

Menurut Sri, cara memperbaiki dampak COVID-19 juga tidak semudah membangkitkan kembali ekonomi pasca-krisis 1998 maupun 2008. Pada saat itu, restrukturisasi neraca keuangan saja perusahaan bisa beroperasi kembali.

"Jadi ini semua tidak semudah menaruh duit dan kamu bisa beroperasi lagi. Ini mengubah secara total. Ini kenapa saya katakan bahwa meskipun saya sebagai veteran menteri keuangan, ini sesuatu yang sangat menantang," tegas dia.

Sri menganggap, keberadaan wabah ini juga tidak akan cepat hilang. Menurutnya, akan membutuhkan waktu lama hingga wabah ini bisa ditangkal, begitu juga pemulihan ekonomi nasional.

"Dan ini mungkin akan lebih lama dari yang dibayangkan orang. Saya secara personal bahkan googling, melihat saat spanish flu. Ini bukan hanya dua tahun, ini bukan hanya satu negara, tapi semua negara," kata Sri.

Related

News 2942101700304064183

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item