Epidemiolog: Vaksin Bukan Solusi Tunggal untuk Atasi Pandemi Corona

Epidemiolog: Vaksin Bukan Solusi Tunggal untuk Atasi Pandemi Corona, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Epidemiolog dari Universitas Griffith, Dicky Budiman menyatakan vaksin bukan solusi utama untuk mengatasi pandemi virus corona Covid-19. Dia mengatakan kombinasi berbagai hal merupakan kunci untuk mengatasi pandemi.

"Agar diketahui dan dipahami bahwa tidak ada solusi tunggal untuk pandemi Covid ini," ujar Dicky.

Dicky menuturkan, vaksin Covid-19 tidak bisa bekerja sendiri untuk mengatasi pandemi ketika sudah dinyatakan sukses dalam uji klinis Fase III. Dia mengatakan otoritas terkait harus terus melakukan program pengetesan, pelacakan, dan isolasi agar penularan bisa dikendalikan.

Dicky juga berkata masyarakat dan pemerintah tidak menyikapi riset vaksin secara berlebihan. Sebab, dia mengatakan tidak ada jaminan atas keberhasilan setiap riset vaksin. Selain itu, riset vaksin dalam pandemi menunjukkan bahwa faktor keamanan dan efektifitas sangat penting dan tidak boleh diabaikan.

"Potensi adanya efek samping vaksin memerlukan waktu lama dan jumlah relawan sehat yang cukup banyak. Sehingga uji tahap III ini sangat menentukan," ujarnya.

Epidemiolog Lapor COVID-19, Iqbal Elyazar menyatakan sebuah vaksin tidak bisa dinyatakan efektif dan aman sebelum menyelesaikan uji klinis. Selain itu, setiap vaksin harus diaudit oleh otoritas atau lembaga independen,  serta dianalisis dan dilaporkan secara ilmiah.

"Uji klinis fase 3 adalah uji klinis yang sangat penting dalam pengembangan vaksin. Oleh sebab itu makanya vaksin ini biasanya diuji di banyak negara untuk memastikan konsistensi efikasi dan keamanannya," ujar Iqbal.

Terkait dengan hal itu, Iqbal pun menyarankan otoritas atau satgas penanggulangan Covid-19 menahan diri untuk memberikan kepastian bahwa vaksin yang sedang menjalani uji klinis akan efektif dan aman.

"Punya harapan boleh, tapi ini bukan janji-janji seperti masa pemilu," ujarnya.

Related

News 2181880781419768288

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item