Mengapa Kucing Penghuni Hagia Sophia Bernama Gli? Ternyata Ini Asal Usulnya

Mengapa Kucing Penghuni Hagia Sophia Bernama Gli? Ternyata Ini Asal Usulnya, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Gli, kucing penghuni Hagia Sophia sudah terkenal di dunia nyata maupun maya. Hampir setiap wisatawan yang datang ke Hagia Sophia mencari tahu di manakah kucing belang berwarna abu-abu itu. Mereka ingin memotret atau berfoto bersama kucing betina yang gemuk dan pandai berpose itu.

Di dunia maya, pemandu wisata Umut Bahceci membuatkan akun Instagram @hagiasophiacat untuk Gli. Pengikutnya kini lebih dari 87,7 ribu akun. Di akun tersebut tampak foto Gli dalam beragam berpose, baik sendiri, bersama wisatawan, atau suasana saat dia dikerubuti turis.

Pemandu wisata di Instanbul, Turki, Tugrul Turnali mengatakan nama asli kucing itu sejatinya bukan Gli seperti yang populer saat ini. "Namanya Gri, asal kata Gray atau abu-abu dalam bahasa Inggris," kata Tugrul dalam wisata virtual 'The Secret of Hagia Sophia'.

Adalah Bilgen Deveci, seorang petugas di Hagia Sophia yang memberikan nama itu pada 2004. Lantaran cadel, saat Bilgen Devici memanggil kucing itu jadi terdengar Gli. Dan dari situlah nama Gli berawal.

Wisatawan dapat membedakan Gli dengan kucing lainnya di Hagia Sophia dari matanya. Kucing jenis European shorthair ini memiliki mata juling. Dia memiliki julukan yakni Ratu atau Union of Love.

Nama Gli kian terkenal saat Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama mengelusnya saat berkunjung ke Hagia Sophia. Kendati Hagia Sophia sudah beralih fungsi menjadi masjid, Gli tetap ada di sana.

"Kucing itu akan tetap berada di sana dan semua kucing diterima secara terbuka di masjid kami," kata Juru Bicara Presiden Erdogan, Ibrahim Kalin.

Related

World's Fact 4096951936781259141

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item