Menteri Airlangga: Kita Tak Sendirian, Ada 215 Negara yang Juga Resesi

 Menteri Airlangga: Kita Tak Sendirian, Ada 215 Negara yang Juga Resesi

Naviri Magazine - Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebut, ekonomi Indonesia bakal resesi. Pandemi Covid-19 diprediksi mendorong pertumbuhan ekonomi kembali ke teritori negatif.

"Kuartal III minus 3 sampai minus 1 persen. Trennya seperti V shape. Kalau pun resesi atau tidak, itu bahasanya you are not alone, 215 negara mengalami resesi. Tapi yang kita lihat apakah negara itu sudah ketemu bottom -nya," katanya secara virtual.

Airlangga menyebut, prediksi ekonomi kuartal II minus 3 hingga minus 1 persen lebih baik daripada kuartal II yang sebelumnya minus 5,32 persen. Situasi tersebut membuatnya percaya diri pemulihan bakal berlangsung cepat.

"Dengan tren sampai minus 1 berarti tren positif kita sudah cukup tinggi," kata mantan menteri perindustrian itu.

Soal resesi, menurut Airlangga, sudah diprediksi oleh banyak lembaga internasional. Dana Moneter Internasional (IMF) memprediksi Indonesia akan minus 0,3 persen. Bank Dunia memperkirakan ekonomi RI tak akan tumbuh tahun ini.

"Karena itu disebut hanya ada tiga negara yang mampu keluar dari situasi ini yaitu China dan akan diikuti Indonesia. Semula India menyusul, tapi ternyata kasus corona-nya dalam sekali," kata Airlangga.

Related

News 2489493450269221437

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item