Tips Merawat Kesehatan Gusi agar Selalu Baik Tanpa Masalah


Naviri Magazine - Ketahui penyebab resesi gusi. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan resesi gusi. Dokter gigi bisa membantu mengenali faktor risiko yang Anda punya. Penyebab lazim resesi gusi meliputi:
  • Penyakit gusi
  • Penggunaan sikat gigi berbulu kasar atau menyikat gigi terlalu kuat
  • Gusi yang tipis atau lemah secara alami
  • Merokok atau menggunakan tembakau
  • Cedera pada jaringan gusi

Sikat gigi dua kali sehari. Gunakan sikat gigi berbulu halus untuk menyikat gigi 2 kali sehari. Arahkan sikat gigi dalam sudut 45 derajat ke gusi. Sikat gigi dengan gerakan pendek secara bolak-balik tanpa menekan. 

Setelah itu, gerakkan sikat secara vertikal dengan "menarik" gusi ke arah gigi. Rahasia pencegahan resesi gusi adalah pemijatan yang bagus bagi gusi bersamaan dengan teknik menyikat yang dapat merangsang pertumbuhan gusi ke permukaan mengunyah.

Pastikan untuk menyikat seluruh permukaan pada gigi.

Gantilah sikat gigi 3-4 bulan sekali atau lebih sering lagi jika bulunya mulai melebar dan berubah warna.

Sikatlah lidah setelah selesai menyikat gigi untuk menyingkirkan bakterinya.

Bersihkan sela gigi dengan benang setiap hari. Melakukan perawatan ini setiap hari akan membantu menyingkirkan plak yang tidak bisa dibersihkan dengan hanya menyikat gigi. Siapkan sekitar 50 cm benang gigi kemudian lilitkan ke jari tengah. Buatlah bentuk huruf "C" saat menggosokkan benang di antara gigi dan garis gusi. Berhati-hatilah, jangan sampai benang bergesekan dengan gusi.

Anda boleh menggunakan benang gigi, pencungkil gigi, atau pembersih sela gigi siap pakai. Berkonsultasilah dengan dokter gigi untuk menentukan alat yang paling tepat.

Kunjungi dokter gigi secara rutin. Frekuensi kunjungan ke dokter gigi ditentukan oleh kesehatan gigi dan gusi Anda sendiri. Sebagian besar orang dewasa harus mengunjungi dokter gigi minimal setahun sekali. Fokus perawatan dokter gigi adalah pencegahan serta kesehatan mulut Anda secara keseluruhan. 

Kunjungilah dokter gigi spesialis. Jika menurut dokter gigi Anda membutuhkan perawatan yang lebih intensif, Anda sebaiknya mengunjungi dokter gigi spesialis. Dokter gigi spesialis bisa memberikan perawatan spesialis dan tindakan operasi untuk meningkatkan pertumbuhan gusi. Perawatan ini biasanya mahal dan invasif.

Perawatan yang mungkin digunakan untuk memperbaiki gusi meliputi scalling dan root planning atau cangkok gusi. Dokter gigi akan membantu menentukan perawatan yang paling tepat untuk Anda. 

Related

Tips 5859007813997351982

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item