Benarkah Penyakit Bell’s Palsy Disebabkan Angin? Ini Penjelasan Ahli


Naviri Magazine - Penelitian dari Mansoor, S. N., & Rathore, F. A. (2015) menyanggah mitos soal penyakit Bell’s Palsy (kelumpuhan otot wajah) yang disebabkan oleh terpaan angin. Penelitian ini menyebutkan orang-orang Pakistan dan orang-orang yang sering berlayar, sehingga sering terpapar cuaca dingin, percaya bahwa Bell’s Palsy disebabkan oleh paparan angin. 

Padahal, belum ada literatur yang memuat risiko paparan angin sebagai penyebab penyakit ini. Bell’s Palsy merupakan kelainan neurogenik dan bukan penyakit pembuluh darah. Namun, dunia maya memiliki beragam reaksi terhadap paparan kipas angin sebagai penyebab penyakit Bell’s Palsy. 

Situs Halodoc, misalnya, mengklaim bahwa paparan angin dingin seperti kipas angin, AC, maupun suhu alami udara dapat menyebabkan Bell’s Palsy. 

Sementara situs Alodokter menjelaskan bahwa penyebab Bell’s Palsy hingga kini belum diketahui secara pasti. Ada yang mengaitkan Bell’s Palsy dengan paparan angin atau udara dingin. Ada juga yang menyatakan peradangan saraf disebabkan oleh infeksi virus, antara lain; infeksi virus Herpes simpleks atau herpes kongenital, infeksi virus varicela Zoster, penyakit Lyme yang disebabkan oleh kutu, sifilis, dan virus Epsteinn barr. 

Selain itu, Bell’s palsy juga dikaitkan dengan kondisi penurunan sistem pertahanan tubuh, seperti pada infeksi HIV dan penyakit diabetes. 

Menurut situs Raredisease.org, penyebab pasti Bell's Palsy tidak diketahui. Gangguan virus dan imunitas sering disebut sebagai penyebab gangguan ini. Mungkin juga Bell’s Palsy disebabkan oleh keturunan. Gejala ini berkembang karena kurangnya pasokan darah dan tekanan pada saraf kranial ke-7 sebagai akibat pembengkakan saraf. 

Related

Health 3608686779350622191

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item