Kisah 1001 Malam ternyata Berawal dari Pernikahan yang Mencekam


Naviri Magazine - Raja Syahriyar dan adiknya, Raja Syahzaman, pada mulanya adalah raja yang adil selama 20 tahun pemerintahan, namun kemudian berubah menjadi raja kejam yang membunuh setiap wanita yang dikawininya, pada malam pertama pernikahan.

Perubahan sifat raja berawal dari penyelewengan istrinya, dan penyelewengan istri adiknya, yang melakukan perzinahan dengan budak bangsa Habsyi yang berkulit hitam, sewaktu raja pergi berburu. 

Perbuatan itu dilihatnya sendiri, karena ia tiba-tiba pulang untuk mengambil sesuatu yang terlupa. Ketika ia berada di negeri adiknya, Syahzaman, ia juga melihat perbuatan istri adiknya dengan budak berkulit hitam, sewaktu adiknya tidak berada di rumah.

Syahriyar menjadi orang yang tidak percaya pada setiap wanita. Dendamnya pada wanita dilampiaskannya pada gadis-gadis yang dinikahinya. Setelah beberapa lama, di negeri itu sudah tidak didapatkan lagi gadis yang akan dipersembahkan kepada raja, kecuali putri seorang menteri atau wazir. Menteri ini memiliki dua putri, yang sulung bernama Shahrazad, dan yang bungsu bernama Duniazad.

Shahrazad bersedia dinikahkan dengan raja, untuk menyelamatkan nyawa wanita-wanita yang lain. Shahrazad digambarkan sebagai wanita cerdas yang banyak membaca cerita, hikayat, dan kisah lama. Shahrazad, dengan bantuan adiknya, Duniazad, menyusun rencana agar Shahrazad selamat dari perbuatan keji Raja Syahriyar. 

Shahrazad menghabiskan berjam-jam selepas perkahwinannya dengan Raja Shahriar untuk menceritakan berbagai cerita menarik kepada raja. Shahrazad amat pintar, karena setiap kali waktu subuh, akan berhenti pada bagian cerita yang menggantung, supaya baginda menagguhkan hukuman mati atasnya, karena ingin mengetahui akhir ceritanya. 

Akhir sekali, Raja Shahriar tidak jadi untuk membunuhnya karena tertarik untuk mengetahui akhir cerita Shahrazad. 

Kebijaksanaan Shahrazad juga dapat dilihat melalui cerita-cerita yang disampaikan olehnya, sehingga membuat orang tidak jemu mendengar ceritanyaitu. Shahrazad bercerita kepada Raja Shahriyar, mulai dari malam pertama hingga 1001 malam. Dengan cerita-cerita yang disampaikan Shahrazad, akhirnya raja sadar dan insaf, dan Shahrazad selamat dari pembunuhan.

Related

Romance 5378929523934800843

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item