Tips Memilih Sikat Gigi yang Benar untuk Perawatan Kesehatan Gigi


Naviri Magazine - Banyak jenis sikat gigi yang dijual di pasaran. Disarankan untuk tidak sembarangan dalam memilihnya. Sebab, jenis sikat gigi yang salah dapat menyebabkan infeksi gusi, pendarahan pada gusi, memperparah gigi sensitif. Untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut, penting untuk kita memilih sikat gigi yang tepat.

Berikut tips memilih sikat gigi yang perlu kamu ketahui:

Bulu sikat

Jenis bulu sikat gigi terbagi menjadi tiga; soft (halus), medium (sedang), dan hard (keras). Ahli kesehatan gigi menyarankan untuk menyikat gigi dengan soft bristles brush. Sikat gigi dengan bulu halus atau soft bristles akan menyingkirkan plak tanpa merusak lapisan luar atau enamel gigi. 

Enamel gigi rentan terkikis dan dapat memengaruhi keadaan gigi sensitif. Selain itu, menyikat gigi dengan sikat gigi hard bristles juga berisiko melukai gusi, merusak jaringan gusi, akar, dan lapisan pelindung gigi, terutama saat menyikat gigi terlalu kencang.

Bentuk bulu sikat juga beraneka macam. Terdapat bulu sikat yang berbentuk rata, yang umumnya tersedia di pasar. Ada juga bulu sikat bergelombang yang berfungsi untuk membersihkan sela-sela gigi yang berdempetan. 

Kemudian, ada sikat gigi dengan bulu berseling untuk mengangkat plak. Juga bulu sikat yang terdiri dari sikat halus dan sikat kasar di bawahnya, untuk menjangkau bagian yang sulit dibersihkan. Pilihlah bentuk bulu sikat yang sesuai dengan kebutuhan.

Ukuran kepala sikat

Ukuran kepala sikat gigi merupakan hal penting yang perlu diperhatikan dalam memilih sikat gigi. Untuk menjangkau seluruh permukaan gigi orang dewasa, pilihlah sikat yang memiliki ukuran lebar kepala sekitar 1.27 cm dan panjang 2.5 cm.  

Pilihlah kepala sikat yang tidak terlalu besar. Ukuran kepala sikat yang besar akan sulit menjangkau bagian terdalam mulut. Padahal, gigi bagian belakang seperti geraham adalah bagian gigi yang penuh sisa makanan. Sedangkan sikat berkepala kecil lebih mudah bermanuver menjangkau sela-sela gigi.

Gagang sikat

Handle grip atau pegangan sikat gigi yang nyaman akan membuat aktivitas menyikat gigi jadi menyenangkan. Pilih handle grip yang agak panjang, agar nyaman digenggam. 

Lalu, usahakan cari non-slip handle grip, agar sikat tidak mudah lepas dari genggaman karena licin. Setidaknya, handle grip tersebut harus nyaman dipegang selama 3 menit, yakni waktu yang ideal untuk menyikat gigi.

Related

Tips 6471124905317975477

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item