Panduan Dasar dan Tips Sukses Berwirausaha (Bagian 1)


Naviri Magazine - Ada banyak cara yang bisa dilakukan orang untuk mendapatkan uang dan menghasilkan pendapatan. Sebagian orang mencari uang dengan cara menjadi pegawai, bekerja di pabrik, atau di suatu kantor perusahaan. Sebagian yang lain mencari uang dan penghasilan dengan menjadi seorang profesional, entah menjadi dokter, pengacara, akuntan, dan beragam jenis profesi yang lain. 

Sementara sebagian yang lain lagi mencari uang dan penghasilan dengan cara menggunakan kreativitas yang dimilikinya. Apapun yang digunakan untuk mendapatkan uang, tentu semuanya berpulang pada masing-masing keahlian dan kelebihan yang dimiliki, serta juga pada minat dan kecenderungan masing-masing orang.

Nah, salah satu cara adalah dengan menggunakan kreativitas. Selama ini, orang seringkali mengidentikkan istilah kreativitas dengan hal-hal yang bisa dikatakan sudah umum, seperti misalnya kerajinan tangan dan semacamnya. Namun, sebenarnya kreativitas tidak hanya sebatas itu. 

Selain menghasilkan produk kerajinan tangan atau hal-hal yang semacamnya, kreativitas juga bersentuhan dengan produk kimia industri; suatu hal yang mungkin belum banyak terpikirkan orang untuk menggelutinya.

Padahal, kalau saja kita mau menajamkan pikiran, sesungguhnya hidup kita sehari-hari tak pernah lepas dari produk kimia industri. Produk-produk ini bisa berupa sabun, baik sabun cuci atau sabun mandi, pasta gigi, shampo untuk berkeramas dan membersihkan rambut kepala, minyak rambut dan lain sebagainya. 

Produk-produk yang disebutkan ini hanyalah sebagian kecil contoh dari begitu banyaknya produk kimia industri lain yang juga setiap hari bersentuhan dengan hidup kita.

Nah, pernahkah Anda berpikir untuk menggeluti bisnis yang satu ini? Mungkin, yang selama ini terbayang dalam benak banyak orang adalah bahwa membuat produk-produk industri semisal sabun, shampo dan lain-lain semacamnya itu membutuhkan pabrik yang besar, karyawan yang banyak dan juga mesin-mesin yang canggih. Padahal, anggapan semacam itu tidak sepenuhnya benar. 

Jadi, kalau Anda memang memiliki minat untuk menerjuni bisnis memproduksi barang-barang kimia industri ini, berikut ini beberapa saran yang bisa dipikirkan.

Niat dan fokus pada tujuan

Yang pertama harus Anda miliki adalah niat yang kuat dan fokus pada tujuan. Jadi, setelah Anda memiliki niat yang kuat untuk menerjuni bisnis membuat produk kimia industri, maka Anda sebaiknya fokus terlebih dulu pada produk apa yang ingin Anda garap terlebih dulu. 

Umpamanya, kalau Anda memang memiliki kecenderungan yang kuat dalam rencana ingin membuat produk berupa sabun, maka sebaiknya fokuskan terlebih dulu segala pikiran, tenaga, waktu dan biaya yang ada untuk menekuni proses pembuatan sabun dan jangan dulu terpengaruh untuk mencoba produk yang lain.

Sebagaimana yang Anda tahu, produk kimia industri membutuhkan ketekunan dan ketelitian sekaligus juga proses pembelajaran yang tak sebentar untuk mewujudkannya. Proses pembuatan sabun, misalnya, mungkin memang hanya membutuhkan waktu yang tak lama untuk membuatnya. 

Namun untuk dapat menghasilkan suatu produk yang benar-benar tepat dan sesuai dengan yang diharapkan, lain daripada yang lain dan yang sesuai dengan selera Anda, tentu membutuhkan waktu yang tak sebentar.

Dengan memfokuskan diri terhadap tujuan, maka Anda bisa benar-benar mempelajari proses produksi atas suatu produk tersebut secara menyeluruh dan utuh. Nanti, setelah Anda bisa menguasai satu produk dengan baik, maka Anda bisa mulai melebarkan sayap dengan mulai memikirkan untuk membuat jenis produk yang lain.

Seringkali, pada percobaan pembuatan suatu produk yang pertama kali tidak langsung bisa menghasilkan suatu produk yang sempurna. 

Selalu saja ada kekurangan tertentu, dan semua itu akan semakin dapat diperbaiki dengan seiring waktu yang digunakan untuk menyempurnakannya. Itulah mengapa Anda harus fokus pada tujuan produk yang diinginkan, dan sebaiknya tidak membagi perhatian pada beberapa produk sekaligus.

Tentukan jenis dan ciri khusus

Nah, kalau Anda sudah dapat menemukan produk apa yang ingin Anda buat, maka langkah selanjutnya adalah Anda harus menentukan suatu jenis dan ciri khusus yang khas sekaligus istimewa yang akan menjadi ciri dari produk yang Anda buat itu.

Produk sabun, umpamanya. Sebagaimana yang telah Anda tahu, saat ini sudah ada begitu banyak produk sabun yang membanjiri pasaran. Dari sabun berbentuk batangan, sabun cair dan jenis-jenis sabun lainnya. 

Kalau Anda hanya membuat sabun yang tak ada bedanya dengan yang saat ini sudah ada di pasaran, maka tentunya Anda hanya akan semakin menyesaki persaingan namun tidak dapat menawarkan keunggulan tertentu yang dapat dianggap sebagai keistimewaan. 

Karenanya, sebaiknya cari dan tentukan suatu ciri khas tertentu yang akan Anda lekatkan pada produk yang Anda buat, sehingga orang (masyarakat / konsumen) pada nantinya akan lebih mudah dalam mengenali produk Anda. 

Seumpama Anda membuat sabun, maka cobalah cari suatu identitas tertentu yang akan membuat sabun produksi Anda berbeda dengan jenis-jenis produk sabun lain yang selama ini sudah ada di pasaran. Mungkin Anda bisa melakukan perbedaan dalam hal bungkus atau kemasannya, pada harum wangi atau aromanya, atau bisa pula pada kelebihan fungsinya.

Dengan adanya suatu ciri khas tertentu yang istimewa, maka produk Anda nantinya tidak hanya akan mudah dikenali oleh konsumen, namun juga akan memiliki nilai lebih sehingga akan memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk dipilih oleh konsumen.

Baca lanjutannya: Panduan Dasar dan Tips Sukses Berwirausaha (Bagian 2)

Related

Tips 2187664649654843883

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item