Yuk, Kenali Penyebab Resesi Gingiva atau Gusi Turun Sejak Dini


Naviri Magazine - Apakah kamu pernah mengalami gigi ngilu saat mengonsumsi makanan atau minuman? Jika iya, mungkin kamu salah satu penderita resesi gingiva (gusi turun). Tapi tahukah kamu penyebab gusi turun? Salah satunya adalah karena kebiasaan buruk. Yuk, simak penjelasannya!

Resesi gingiva alias gusi turun adalah suatu kondisi dimana gusi merosot ke bawah dari permukaan gigi, sehingga memperlihatkan permukaan akar gigi. Ini hanyalah satu dari gejala penyakit gusi (periodontal). 

Gusi turun merupakan konsekuensi serius dari kesehatan mulut yang buruk dan dapat menyebabkan kehilangan gigi. Ada berbagai pengobatan yang tersedia, bergantung pada tingkat keparahan hilangnya jaringan. Semakin dini didiagnosis dan diobati, semakin baik hasilnya.

Gusi turun biasanya dialami oleh orang dewasa, namun di beberapa kasus juga bisa dialami oleh usia remaja. Gusi turun dapat menyebabkan sensitivitas gigi, kesenjangan yang besar antara gigi dan gusi, akar terekspos, bau mulut, atau gusi berdarah. 

Gusi turun membuat akar gigi yang aslinya sensitif jadi tersingkap dan terpapar lingkungan rongga mulut. Kabar buruknya adalah gusi turun dapat bertambah parah seiring bertambahnya usia. Selain ngilu, efek lain yang ditimbulkan adalah gigi mudah goyang sehingga harus dilakukan pencabutan gigi.

Gejala gusi turun dapat kamu kenali sejak dini. Mulai dari perubahaan warna, terjadinya pembengkakan, sampai berimbas pada keluarnya aroma tidak sedap dari rongga mulut. Sekarang, coba perhatikan gusimu. Jika gejala ini terjadi padamu, kamu patut waspada. Gejala-gejala gusi turun, diantaranya:
  • Berdarah setelah menyikat gigi atau flossing
  • Gusi merah dan bengkak
  • Bau mulut tak sedap
  • Nyeri pada garis gusi
  • Gusi yang tampak turun/menyusut
  • Akar gigi yang terlihat
  • Gigi goyang

Related

Health 3002880386051957990

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item