Ini 10 Kawah dengan Pemandangan Paling Mengesankan di Dunia (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Ini 10 Kawah dengan Pemandangan Paling Mengesankan di Dunia - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Kawah Lonar, India

India, negara menarik dimana memiliki kuliner lezat dan lagi film-film India alias Bollywood juga tidak kalah seru dengan Hollywood. India memiliki sebuah danau indah yang berada di Maharashtra yaitu Lonar. Tahukan kalian bahwa sebelum menjadi danau seperti sekarang, dulunya Lonar adalah sebuah kawah besar.

Sekitar 50.000 tahun yang lalu, sebuah meteor besar menghantam Maharashtra dan menghasilkan sebuah cekungan raksasa dengan diameter 1,2 km dan kedalaman 137 meter. Kawah tersebut kini berubah menjadi danau besar yang indah. 

Yang menjadi keunikan dari danau Lonar adalah rasa airnya yang asin. Rasa asin tersebut diakibatkan oleh hasil geologis alami batuan basaltik yang bercampur dengan air hujan.

Krater Tswaing, Afrika Selatan

Asal mula terbentuknya kawah Tswaing dikarenakan sebuah meteor raksasa jatuh menimpa bumi. Meteor raksasa tersebut memiliki ukuran diameter kira-kira 30 sampai 50 meter. Jatuh sekitar 220.000 tahun yang lalu. Hasilnya? Munculah sebuah kawah kawah besar di Afrika Selatan yang dinamakan Tswaing Crater.

Saat ini, kawah Tswaing dikelilingi oleh tumbuhan hijau. Yang menakjubkan adalah ketika turun hujan, maka terbentuklah sebuah danau kecil di tengah-tengah kawah. Para ilmuwan berhasil menemukan sejumlah prasasti atau artifak yang menandakan bahwa tempat tersebut dulunya digunakan oleh manusia purba untuk berburu dan mengumpulkan garam.

Kawah Pingualuit, Quebec

Dengan diameter yang mencapai 3.440 meter dan kedalaman sampai 400 meter, kawah Pingualuit memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan. Terletak di Quebec, Kanada, kawah Pingualuit terbentuk diakibatkan hantaman meteorit besar. Diperkirakan bahwa meteor tersebut menghantam area sekitar Pingualuit 1,4 juta tahun yang lalu.

Karena hantaman meteor raksasa tersebut menciptakan sebuah cekungan sedalam 400 meter, setiap kali hujan turun atau salju, di bagian tengah kawah akan menampung air tersebut dan terbentuklah sebuah danau. Karena danau tercipta dari air hujan dan es, banyak orang menganggap bahwa air di Pingaluit itu murni dan bebas polusi.

Crater Lake, Oregon

Tidak ada yang menyangka bahwa efek vulkanik bisa menciptakan sebuah kawah cantik di Oregon, Amerika Serikat. Kawah tersebut dinamakan Crater Lake, terletak di Gunung Mazama. Di Amerika Serikat, Crater Lake adalah sebuah danau kawah terdalam. Kedalamannya mencapai 594 meter.

Terima kasih pada hujan sehingga bisa terbentuk danau di kawah tersebut. Tapi karena danau tersebut berada di atas gunung vulkanik, air danau menjadi memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Tingkat keasaman air di danau tersebut bercampur dengan gas vulkanik,  dan memiliki warna hijau terang.

Kawah Barringer, Arizona

Jika  kalian ingin melihat kawah hasil hantaman meteor paling keren, cobalah pergi ke Arizona, Amerika Utara. Disana, kalian akan bisa lihat sendiri betapa menakjubkan dan besarnya kawah yang dinamakan kawah Barringer. Ya, Barringer ini dianggap sebagai kawah yang memiliki pemandangan paling menakjubkan di dunia.

Nama kawah tersebut diambil dari nama Daniel Barringer. Dialah orang pertama yang memberikan nama tersebut pada kawah yang terbentuk akibat hantaman meteor. Barringer memiliki diameter yang mencapai 1.200 meter dan kedalaman yang mencapai 170 meter. 

Barringer terbentuk sekitar 40.000 tahun yang lalu. Meteor berdiameter 50 meterlah yang menyebabkan terjadinya lubang besar di area tersebut.

Related

Traveling 146632833497050654

Recent

item