Inilah 10 Bank dengan Tingkat Keamanan Paling Tinggi di Dunia (Bagian 1)


Naviri Magazine - Bank adalah tempat masyarakat mempercayakan uang mereka untuk disimpan. Sebagai tempat menyimpan uang, bank memberikan bunga sekaligus menjamin keamanannya. Nyatanya, bank terkenal sebagai gedung yang aman, dengan penjagaan 24 jam, serta ruang-ruang penyimpanan yang benar-benar terlindung.

Sebagai upaya untuk memberikan jaminan keamanan pada nasabah, bank juga terus meningkatkan keamanan, dari waktu ke waktu. Terkait hal itu, berikut ini adalah sepuluh bank yang terkenal dengan tingkat keamanannya. 

TD Bank Group, Kanada

Kepanjangan dari Toronto-Dominion Bank, TD Bank Group adalah sebuah bank multinasional yang memiliki kantor pusat di kota Toronto, Kanada. Pada awalnya TD Group terdiri 2 buah bank yang berbeda yakni Bank of Toronto dan Dominion Bank. Dimana Bank of Toronto didirikan pada tahun 1855 dan Dominion Bank didirikan pada tahun 1869.

Kedua bank tersebut resmi bergabung menjadi TD Bank Group pada tahun 1955. TD Bank Group telah memiliki lebih dari 85 ribu pegawai dan nasabah yang berjumlah lebih dari 22 juta orang yang tersebar di beberapa negara. 

TD Bank Group menjadi pilihan para nasabah karena bank ini dikenal memiliki tingkat keamanan yang terjamin. Demi mempermudah nasabah mengakses rekening, TD Bank Group mendirikan banyak sekali kantor cabang. Terdapat lebih dari 1.300 kantor cabang yang tersebar di Amerika Serikat bagian timur.

Banque et Caisse d’Epargne de l’Etat, Luksemburg

Bank yang namanya sulit untuk diucap ini terletak di sebuah negara kecil di wilayah Eropa yakni Luksemburg. Disingkat dengan nama BCEE, bank ini mulai berdiri pada tahun 1856 dan merupakan bank remis milik pemerintah Luksemburg. Sempat berganti kompetensi, oleh Grand Ducal Decree, BCEE akhirnya resmi berfungsi menjadi bank komersial pada tanggal 25 Oktober 1944.

Di Luksemburg, BCEE merupakan bank ketiga terbesar setelah bank BGL BNP Paribas dan Deutsche Bank Lusembourg. Diperkirakan total aset yang dimiliki BCEE mencapai nilai 46,66 miliar USD. Oleh majalah ternama di dunia, Global Finance, BCEE termasuk dalam 10 bank teraman di dunia.

NRW Bank, Jerman

Berdiri pada tahun 2002 dan berpusat di Dusseldorf dan Munster, NRW Bank merupakan kepanjangan dari North-Rhine-Westphalia. North Rhine Westphalia sendiri merupakan negara bagian dari Jerman yang memiliki jumlah populasi penduduk paling banyak. Diperkirakan total penduduk di negara bagian tersebut hampir mencapai 18 juta penduduk.

NRW Bank memiliki status sebagai lembaga institusi negara milik pemerintah Norh Rhine Westphalia. Bank inilah yang menjadi pengsupport kegiatan politik dan ekonomi di negara bagian tersebut. Diketuai oleh Klaus Neuhaus, aset NRW Bank diperkirakan mencapai 163 miliar USD. 

Caisse des Dépôts et Consignations, Perancis

Caisse des Depots et Consignations jika diartikan dalam bahasa Inggris menjadi Deposits and Consignments Fun. Adalah sebuah lembaga keuangan resmi milik pemerintah Perancis. Bank yang termasuk dalam institusi negara tersebut didirikan pada tahun 1816 dan dikendalikan langsung oleh parlemen Perancis. Caisse des Depots et Consignations tercatat memiliki aset senilai 162,1 miliar USD.

Sejak tahun 2014 hingga sekarang, Caisse des Depots et Consignations yang berpusat di Paris, Perancis ini dipegang oleh seorang CEO yang bernama Pierre Rene Lemas. Bank ini memiliki sejumlah misi untuk mendukung kepentingan publik serta pemerintah. Salah satunya adalah dengan memberikan dukungan pada setiap projek yang dikerjakan oleh universitas yang ada di Paris.

Nederlandse Waterschapsbank, Belanda

Dari namanya kita sudah bisa menebak bahwa Nederlandse Waterschapsbank ini pasti bank yang berasal dari Belanda. Didirikan pada tahun 1954, bank yang disingkat menjadi NWB ini adalah institusi keuangan negara Belanda yang menyediakan dana untuk pemerintah lokal dan water boards. Water boards adalah badan pemerintah daerah yang mengurus masalah air.

Walaupun merupakan bank resmi di Belanda, NWB Bank tidak memberikan bantuan pinjaman dana kepada perusahaan besar, kecil maupun individu. NWB Bank khusus menyediakan bantuan untuk pemerintah Belanda saja. 

Baca lanjutannya: Inilah 10 Bank dengan Tingkat Keamanan Paling Tinggi di Dunia (Bagian 2)

Related

Business 1747341504170698351

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item