Inilah 10 Pembalap F1 Terhebat Sepanjang Masa (Bagian 1)


Naviri Magazine - Formula Satu, disingkat F1 (atau bernama lengkap FIA Formula One World Championship), adalah kelas tertinggi balap mobil yang diatur oleh Federasi Otomotif Internasional (FIA) dan dimiliki oleh Formula One Group. 

F1 terdiri dari sejumlah seri balapan yang dikenal dengan istilah Grand Prix. Balapan diselenggarakan di dalam sirkuit atau jalan umum dalam kota yang ditutup untuk umum. Hasilnya menentukan dua gelar juara dunia, satu untuk pembalap dan satu lagi untuk konstruktor. Berikut ini adalah sepuluh pembalap F1 yang dianggap terhebat sepanjang masa.

Gilles Villeneuve, Kanada

Gilles Villeneuve merupakan pembalap F1 yang berasal dari Kanada. Meskipus dirinya hanya memenangkan sebanyak 6 gelar juara dari total 67 Grand Prix, tapi jerih payahnya tersebut diakui oleh banyak orang sebagai salah satu pembalap F1 terbaik sepanjang masa dan juga pembalap F1 terbaik yang berasal dari Kanada.

Pembalap tangguh ini mengalami kecelakaan parah pada saat melakukan kualifikasi di tahun 1982. Kecelakaan maut ini akhirnya merenggut nyawa dari Gilles. Di momen penguburan Villeneuve, seorang pembalap dari Afrika Selatan, Jody Schekter mengatakan bahwa Villeneuve adalah pembalap tercepat yang ia kenal di sepanjang sejarah F1 sekaligus pribadi yang hangat di luar sirkuit.

Fernando Alonso, Spanyol

Banyak orang yang menganggap bahwa Fernando Alonso adalah pembalap F1 yang luar biasa. Kemampuannya dalam memacu mobilnya dengan kecepatan tinggi walaupun kondisi mobilnya tidak dalam kondisi yang bagus patut diancungi jempol. Bahkan ketika dirinya memulai balapan dari barisan belakang, dirinya mampu menyelesaikan balapan dengan hasil yang mengejutkan.

Fernando Alonso merupakan satu dari sekian banyak pembalap F1 terhebat yang pernah ada. Setelah era Michael Schumacher selesai, era baru dimulai oleh pembalap asal Spanyol ini. Dengan bersama tim Mclarennya, dirinya mampu membuktikan kemampuan dirinya. 

Sebastian Vettle, Jerman

Umurnya memang masih terbilang muda untuk bisa dimasukkan ke dalam daftar pembalap F1 terhebat sepanjang masa, tapi prestasi yang telah didapatnya sejauh ini memberikan bukti lain. Dengan umurnya yang masih muda, bisa saja Vettle meraih juara lebih banyak melampaui pembalap F1 seniornya yakni Michael Schumacher.

Gelar Grand Prix berhasil ia menangi sebanyak 4 kali, benar-benar pembalap muda yang berbakat. Saat ini, pembalap asal Jerman ini masih terikat kontrak dengan perusahaan mobil terkenal Ferrari sampai akhir 2017. Bersama dengan tim sekelas Ferrari, diyakini oleh banyak orang bahwa Vettle akan memenangi banyak gelar juara.

Niki Lauda, Austria

Pembalap Austria inilah yang berhasil membuat Ferrari meraih juara pada tahun 1975 setelah puasa gelar sejak tahun 1964. Lauda dapat mengeluarkan kemampuan mobilnya yang terbaik sehingga dirinya menggantikan Clay Regazzoni sebagai team leader.

Lauda berhasil memenangi juara dunia sebanyak 3 kali secara berturut-turut termasuk saat dirinya mengalami kecelakan yang hampir merenggut karirnya pada tahun 1976. 

Meskipun Lauda berhasil mendapatkan gelar juara pada tahun 1977, Lauda memutuskan untuk keluar dari Ferrari dan bergabung dengan Brabham. Lauda lebih memilih Brabham karena Ferrari tidak memberikan dukungan padanya layaknya seorang team leader ketika dirinya kembali dari cidera.

Jackie Stewart, Inggris

Jackie Stewart adalah salah satu pembalap terhebat yang pernah berjaya pada pertengahan era 1968 sampai 1973. Pada masa dulu, balapan F1 terkenal sebagai ajang olahraga yang berbahaya, oleh karena itu Stewart sangat aktif melakukan kampanye keselamatan.

Dialah pembalap pertama yang menggunakan sabuk keselamatan ketika balapan. Stewart juga yang bersikeras memaksa agar sirkuit balapan harus diberikan garis batas pelindung. Stewart memang dikenal sebagai pembalap yang sangat perduli tentang kesehatan pembalap. 

Banyak hal lain juga yang menjadi konsentrasi Stewart seperti pakaian balap anti api, tembok pemabatas pit, dan segala hal yang bersifat keamanan sangat diperhatikan olehnya.

Baca lanjutannya: Inilah 10 Pembalap F1 Terhebat Sepanjang Masa (Bagian 2)

Related

Sports 7227134214273233937

Recent

item