Wanita Perlu Tahu, Ini Cara Mudah Mendeteksi Kanker Payudara


Naviri Magazine - Untuk pencegahan agar tidak terserang kanker payudara, dianjurkan agar setiap wanita yang berusia 20 tahun ke atas melakukan pemeriksaan pada buah dadanya sendiri. Pemeriksaan dilakukan secara rutin setiap bulannya. 

Lakukan pemeriksaaan ini setelah haid selesai, pada tanggal yang sama tiap bulannya. Selain itu, konsultasilah ke dokter secara rutin, dan segeralah ke dokter bila menemukan perubahan atau gejala yang tidak normal pada payudara. 

Sedangkan cara-cara pendeteksian kanker payudara yang dapat Anda lakukan sendiri adalah sebagai berikut: 

Perhatikan dengan teliti payudara Anda di muka cermin. Tanpa berpakaian dengan kedua lengan lurus ke bawah. Perhatikan bila ada benjolan atau perubahan bentuk pada payudara. Amatilah dengan teliti, karena yang paling mengenali tubuh Anda adalah diri Anda sendiri. 

Angkatlah kedua lengan lurus ke atas, dan ulangi pemeriksaan seperti di atas. 

Dengan kedua siku mengarah ke samping, tekanlah telapak tangan yang satu kuat-kuat pada yang lain. Cara ini akan menegangkan otot-otot dada, dan perubahan-perubahan seperti tekungan dan benjolan akan lebih kelihatan. 

Tekanlah pelan-pelan daerah sekitar putting, dan amati apakah keluar cairan yang tidak normal (tidak biasa). Lakukan hal ini pada kedua payudara. 
  • Berbaringlah dengan tangan kanan di bawah kepala. Letakkan bantal kecil di bawah punggung kanan. Rabalah seluruh permukaan payudara kanan dengan gerakan memutar. Perhatikan bila ada benjolan yang mencurigakan. Lakukan secara bergantian. Sedangkan cara merabanya adalah sebagai berikut: 
  • Rabalah dengan tiga ujung jari tengah yang dirapatkan. 
  • Lakukan gerakan memutar dengan tekanan lembut tetapi mantap. Mulai dari pinggir dengan mengikuti arah putaran jarum jam. 

Related

Tips 7305933113870994400

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item