Perlu Tahu Biar Tidak Keliru, Internet Tidak Sama dengan Web


Naviri Magazine - Istilah “internet” sebenarnya tidak sama dengan istilah “web”. Pada saat ini, mungkin kedua istilah tersebut sudah menjadi satu kesatuan yang sulit untuk dipisahkan, karena orang biasanya beranggapan bahwa internet adalah web, atau sebaliknya. 

Padahal, web dan internet adalah dua hal yang berbeda. Internet adalah jaringan (fisik) yang terkoneksi atau terhubung dengan jutaan komputer yang menggunakan protokol yang sama untuk sharing / mengirimkan informasi (TCP/IP). Dalam kenyataannya, internet adalah gabungan dari jaringan-jaringan yang lebih kecil.

Sedangkan web, atau World Wide Web, adalah koleksi dari dokumen multimedia atau berbagai media yang dimasukkan ke dalam jaringan internet dengan menggunakan protokol HTTP.

Kata kunci pembeda yang tepat untuk membedakan antara internet dan web adalah; internet adalah hardware, sedangkan web adalah software. Sedang aplikasi yang didukung oleh internet adalah e-mail, telnet, ftp, instant messanger, gopher, dan lain-lain.

Related

Technology 8121614509954611187

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item