Berminat Buka Toko Emas? Begini Langkah dan Tahapannya


Naviri Magazine - Usaha toko emas bisa dimanfaatkan untuk mengumpulkan aset lebih banyak lagi. Namun, dalam membuka usaha toko emas ada beberapa aspek yang perlu diketahui.

Membuka toko emas dapat menjadi pilihan, terutama jika ingin berbisnis untuk mendapatkan investasi lebih banyak lagi. Dilansir dari channel Youtube Emas Berlian Corporation #UMKMEmas, keuntungan dari berbisnis emas adalah bisa menjaring aset lebih banyak lagi, tidak basi, tidak mengikuti tren, dan ketika dijual lagi tidak menjadi bekas.

Dari sisi menjual dan membeli, keduanya juga sama-sama untung. Penjual bisa mendapatkan untung dengan menjual kepada konsumen dan ketika membeli dari konsumen juga menjadi untung karena investasi. Untuk lebih rincinya, berikut beberapa tahapan yang dapat dilakukan untuk membuka toko emas.

Mulailah dari emas yang dimiliki

Anda dapat menjual emas yang sudah dimiliki kepada tetangga, teman kerja, dan lainnya. Dari marjin yang diperoleh, Anda dapat membeli emas baru hingga lama-lama emas Anda bertambah. Namun, tahapan yang penting adalah bisa memulainya dulu.

Memahami prinsip berdagang emas

Pada dasarnya, menjual emas bukan untuk mencari keuntungan namun dapat menambah aset emas tanpa menggunakan uang sendiri, yakni uang yang diperoleh dari marjin. Anda juga harus memahami istilah jual beli dan menawarkan ke masyarakat namun tidak secara blak-blakan.

Persiapkan lisensi

Tahapan ini dapat menjadi opsi. Namun, jika ingin membuka toko emas secara fisik, Anda memerlukan lisensi, terutama jika bukan dari keluarga yang memiliki toko emas. 

Lisensi ini dapat membantu memperoleh kepercayaan dari masyarakat. Pastikan juga menjual dan membeli emas di saat yang tepat. Anda dapat menjual ketika harga emas sedang naik dan membeli ketika harga turun. Anda dapat mengecek melalui online untuk mengetahui harga emas.

Cari lokasi yang strategis

Mendapatkan lokasi toko yang strategis bisa meningkatkan penjualan. Banyak penjual emas membuka toko mulai dari pasar, ruko, dan mal. Umumnya, toko emas dibuka di tempat ramai.

Jaga kepercayaan pelanggan

Menjaga kepercayaan pelanggan adalah modal utama dalam semua usaha. Pastikan kualitas emas yang dijual bagus dan sesuai dengan harga pasar yang berlaku

Kreatif dan inovatif

Menjual emas dengan bentuk perhiasan butuh kreativitas dan inovasi. Biasanya bentuk dan motif emas berubah seiring tren. Jadi, Anda juga harus memantau tren yang digemari.

Related

Tips 4883619406674540475

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item