Kenapa Orang Bisa Hilang Begitu saja di Tengah PDKT alias Ghosting?


Naviri Magazine - Dalam season ketiga serial televisi Insecure, Issa (diperankan Issa Rae) jadi korban di-'ghost' (alias ditinggal menghilang tanpa alasan) dengan cara yang sangat kejam oleh sang gebetan. 

Nathan, penumpang Lyft (aplikasi transportasi online semacam Uber) yang menjadi gebetan Issa, terlihat tertarik dengan Issa. Nathan bahkan membantu Issa dalam sebuah proyek dan mengambil inisiatif lebih dulu membicarakan masa depan hubungan mereka. 

Setelah semua pertemuan dan harapan yang membuncah, tiba-tiba Nathan tidak bisa dihubungi sama sekali. Hilang begitu saja. Secara psikologis, kehilangan Nathan berdampak sangat negatif pada Issa. Dia jadi kerap terbangun gelisah karena mimpi buruk dan kelewat bersemangat setiap kali dia menerima SMS, sebelum akhirnya kecewa karena Nathan tak lagi mengubunginya. 

Di salah satu episodenya, Issa menggunakan karakter Molly sebagai alasan untuk pergi ke rumah Nathan. Issa ingin mencari jawaban kenapa dia ditinggalkan begitu saja.

Cerita serial ini memang kemasannya lucu, tapi juga memaksa penonton untuk menyaksikan fenomena ghosting yang sering dialami, terutama oleh orang yang sebenarnya benar-benar mengidam-ngidamkan hubungan romantis. Ujung-ujungnya kita berkhayal tanpa henti memikirkan situasi yang membuat si gebetan tidak kunjung membalas pesan kita.

Mengapa terjadi?

Orang sibuk sama pekerjaan atau hobi sebenarnya wajar. Tapi beberapa pelaku ghosting mengaku fluktuasi kesehatan mental mereka sangat terkait dengan pola ghosting masing-masing. 

Ada juga banyak kasus dimana orang merasa nyaman meng-ghost orang lain tanpa konsekuensi yang serius, hingga ghosting itu digunakan untuk menghindari situasi-situasi canggung yang sebenarnya sepele. Banyak juga yang bahkan merasa ghosting adalah cara yang netral, bahkan sopan, untuk mengakhiri sebuah hubungan.

Related

Relationship 2676704637139862504

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item