Bagikan Tips Belanja Rp 98 Ribu Buat 5 Hari, Ibu Ini Banjir Pujian


Naviri Magazine - Seorang ibu rumah tangga membagikan tips belanja hemat. Ia hanya menghabiskan Rp 98 ribu untuk makan selama 5 hari. Menunya super komplet!

Lewat akun Instagram @sauva_ardovani, ibu ini kerap membagikan tips belanja hemat. Salah satu yang menjadi sorotan adalah ketika ia mengunggah foto belanjaan yang menghabiskan Rp 98 ribu saja.

Dengan budget kurang dari Rp 100 ribu, Sauva bisa memasak menu masakan 5 hari untuk keluarga yang terdiri dari 2 orang dewasa dan 4 anak-anak. Sebelum belanja, ia lebih dulu menuliskan daftar belanjaannya.

"List belanja emak, Assalamualaikum total belanja Rp 98 ribu untuk 5 hari, emak list satu-satu supaya jelas ya Bun," kata Sauva dalam unggahan videonya.

Sauva menunjukkan beberapa belanjaan mulai dari sayuran, ikan, ayam, tempe hingga buah. Ia juga menuliskan harga serta memperlihatkan porsi belanjaannya.

Untuk sayurnya, Sauva membeli bayam, tauge dan sayur sop. Ia juga membeli ikan tongkol seharga Rp 16 ribu, ikan kembung Rp 10 ribu, ceker ayam Rp 7 ribu dan telur Rp 11 ribu. Sebagai menu pelengkap, ada juga tempe seharga Rp 4 ribu, sosis Rp 14 ribu, bakso Rp 5 ribu dan bumbu cabe Rp 4 ribu. Untuk buahnya, Sauva membeli satu sisir pisang harga Rp 5 ribu.

Total belanja seluruhnya Rp 98 ribu. Tak hanya menunjukkan daftar belanjanya, ia juga memperlihatkan cara menyiapkan dan menyimpan bahan makanan serta susunan menu selama 5 hari.

Menunya antara lain sayur sop, ceker lunak, tongkol suwir, sayur bayam, tumis toge, ikan tongkol goreng, bakwan sayur hingga telur balado. Sauva bahkan bisa memasak dua kali dalam sehari dengan menu berbeda.

Tips belanja murah ini kemudian menuai banyak perhatian. Ratusan komentar terlihat pada postingan Sauva, hampir seluruhnya adalah ibu-ibu yang berbagi pengalaman belanja sekaligus membandingkan harga bahan makanan di lokasi masing-masing.

"Kalau daerahku bawa 400 ribu ke pasar sekali belanja. Proteinnya cuma cukup seminggu Mak, 5 macam doang, saya dari Kepri," ujar netizen.

"Ya Allah, tempe di tempat aku segitu 8 ribu, cabe merah 7 biji 4 ribu," sahut ibu yang juga curhat soal mahalnya bahan makanan.

"Murah banget belanja di tempatnya bund. Ikan kembung di tempatku mana dapet 10 ribu. Sekilo 40 ribu, kalo beli setengah kilo baru 20 ribu. Belanja di tempat bunda murah-murah banget," tulis netizen lain.

Saat dikonfirmasi, Sauva mengatakan harga bahan belanjaan di daerahnya memang tergolong terjangkau. Saat ini ia mengaku tinggal di Cikarang.

"Ini hanya inspirasi dari pengalaman belanja saya. Bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing, silahkan amati, tiru, modifikasi. Karena harga belanjaan pasti berbeda," kata Sauva.

Ia juga mengatakan menu yang disusunnya untuk makan 3 kali sehari. Ia juga memasak dua kali dengan menu berbeda. "Untuk 3 kali makan, 2 kali masak. Alhamdulillah cukup," pungkas Sauva.

Related

News 2537737488609651459

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item