Berapa Jumlah Kaki yang Dimiliki Hewan Kaki Seribu?


Naviri Magazine - Meski disebut “kaki seribu”, namun hewan itu tidak memiliki seribu kaki, karena jumlah kaki mereka tidak sampai seribu. Paling banyak, hewan tersebut hanya memiliki 200 pasang (400 kaki), sedang beberapa jenis hanya memiliki 20 pasang (40 kaki). 

Kaki-kaki mereka bergerak secara terkoordinasi dalam bentuk gelombang yang bergerak dari depan ke belakang.

Sebesar apa kaki seribu yang terbesar?

Beberapa jenis kaki seribu yang hidup di daerah tropis Afrika tumbuh sampai sepanjang 28 sentimeter atau bahkan lebih, dengan diameter atau ketebalan yang mencapai sekitar 2 sentimeter.

Apa perbedaan kaki seribu dengan kelabang?

Sebagian besar kaki seribu adalah hewan pemakan tanaman yang bergerak lambat dengan kaki pendek, dan memiliki mulut pengunyah. Sedang kelabang adalah hewan pemakan daging yang bisa bergerak dengan cepat, serta memiliki taring yang dapat digunakan membunuh mangsa. Kelabang juga memiliki kaki yang lebih sedikit dibanding kaki seribu. 

Kaki seribu memiliki dua pasang kaki pada tiap bagian tubuhnya, sedang kelabang hanya memiliki sepasang pada tiap bagian.

Related

Science 2479992032792853751

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item