Mengapa Bola Mata Berubah Warna Jadi Kuning, dan Bagaimana Mengatasinya?


Naviri Magazine - Bola mata yang berubah warna jadi kuning disebut dengan istilah ikterus dalam dunia medis. Penyebab ikterus biasanya berkaitan dengan masalah di kantung empedu, hati, atau pankreas. 

Masalah di organ-organ tersebut bisa membuat tubuh jadi kelebihan zat yang disebut dengan bilirubin di dalam darah. Bilirubin adalah zat sisa hasil pemecahan sel darah merah yang berwarna kuning. 

Karena tumpukan bilirubin ini, warna bola mata pun bisa berubah jadi kekuningan, sama halnya dengan warna kulit yang ikut berubah. Cara untuk mengatasi warna mata yang berubah jadi kuning adalah dengan menyembuhkan penyebab akarnya. 

Kondisi yang disebabkan oleh infeksi seperti hepatitis C atau malaria akan memerlukan pengobatan yang terdiri dari antibiotik, antijamur, atau antivirus. Selain itu, gaya hidup seperti terlalu banyak minum alkohol dan menggunakan obat-obatan terlarang juga dapat merusak hati hingga menimbulkan gejala mata kuning. 

Bila memang kondisi mata kuning disebabkan oleh kedua hal itu, yang harus dilakukan adalah berhenti dan mengatasi kecanduan. Lalu, jika kerusakan hati sudah tergolong parah, dokter akan menyarankan Anda untuk menjalani prosedur transplantasi hati. 

Mata kekuningan juga bisa ditemukan pada bayi yang baru lahir. Bayi yang mengalami hal ini memerlukan perawatan medis yang intensif di rumah sakit dan memperbanyak sesi menyusui ASI sebanyak 8 hingga 12 kali sehari. 

Dokter mata pediatrik dan strabismus, Dr. Florence Meilani Manurung, SpM, yang saat ini berpraktik di Jakarta Eye Center, mengatakan, mata kuning bisa jadi gejala dari kerusakan organ hati. 

Ia menjelaskan bahwa bola mata berwarna putih umumnya ditemukan pada bayi atau anak-anak. Lalu, dengan bertambahnya usia, bola mata manusia menjadi berkurang putihnya karena pengaruh asap, polusi, dan lain-lain. Dokter Florence juga membagikan tips untuk menyegarkan mata yang lelah dan bengkak. 

"Kompres dingin boleh dilakulan, tetapi untuk menyegarkan mata yang lelah atau bengkak,” ujar dr. Florence. 

Namun, dr. Florence tidak menyarankan seseorang untuk mengompres mata dengan lemon atau air mawar, cairan tersebut tidak pula untuk diteteskan ke mata. “Lemon jangan diteteskan ke bola mata, karena akan menyebabkan perih dan mata merah. Begitu juga dengan air mawar, tidak boleh diteteskan ke bola mata,” jelas dr. Florence. 

Related

Health 763221379400851483

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item