Ini 4 Jenis Makanan yang Bisa Membantu Menyehatkan Otak Kita


Naviri Magazine - Otak adalah organ paling penting di tubuh kita, karena bisa dibilang segala gerak dan aktivitas yang kita lakukan dikendalikan oleh otak. Karenanya, selain menjaga tubuh senantiasa sehat, menjaga kesehatan otak tidak kalah penting. 

Menjaga otak agar selalu sehat bisa dilakukan dengan banyak membaca, sehingga otak terus aktif, dan seiring dengan itu kita bisa mengonsumsi makanan-makanan yang dapat membantu kesehatannya. Berikut ini beberapa makanan yang dapat menunjang kesehatan otak kita.

Vitamin B kompleks

Kelompok vitamin B kompleks terdiri dari delapan vitamin berbeda. Vitamin B kompleks banyak terdapat dalam kentang, biji-bijian, brokoli, bayam, jamur, pisang, serta berbagai produk olahan kacang kedelai, telur, dan kacang almond.

Rutin mengonsumsi makanan atau multivitamin yang mengandung vitamin B kompleks dapat membantu meningkatkan fungsi otak, karena vitamin ini membantu tubuh mengonversi kolin (asam amino yang ditemukan dalam sumber makanan) menjadi asetilkolin (neurotransmiter kimia yang membantu dalam memori dan proses belajar). 

Gandum utuh

Gandum utuh seperti roti gandum, oatmeal, beras merah, dan millet, merupakan makanan sumber energi utama untuk tubuh dan otak. Makanan-makanan itu bekerja dalam meningkatkan aliran darah ke otak, yang berarti menunjang kualitas dan kuantitas fungsi otak. 

Selain itu, biji-bijian ini juga mengandung banyak vitamin B6, yang penuh dengan tiamin. Tiamin sangat bagus untuk siapa pun yang berusaha meningkatkan daya ingat.

Asam lemak omega 3

Asam lemak omega 3 bisa diperoleh dari minyak ikan, minyak zaitun, bawang putih, ikan tuna, kalkun, salmon, telur, nasi, sereal, dan pasta. Asam lemak omega 3 dapat membantu memori dan konsentrasi agar semakin tajam, serta membantu mengontrol depresi dan stres.

Karbohidrat

Makanan seperti beras merah, apel, pisang, kismis, biji-bijian, dan kecambah, mengandung karbohidrat. Ketika makanan-makanan tersebut dikonsumsi, tubuh akan mengubah karbohidrat kompleks menjadi glukosa, kemudian menggunakannya sebagai bahan bakar untuk meningkatkan kewaspadaan, fungsi memori, dan konsentrasi.

Related

Health 6637516764640048916

Recent

item