Ini 4 Makanan yang Memperkuat Daya Tahan Tubuh biar Tak Mudah Sakit


Naviri Magazine - Memperkuat daya tahan tubuh bisa dilakukan dengan beragam cara, dari mengonsumsi makanan yang bergizi, makanan berserat tinggi serta memenuhi kebutuhan vitamin D, olahraga secara teratur, beristirahat dalam jumlah cukup, sampai menjaga pikiran agar tidak mudah stres. 

Menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh tentu penting, karena tubuh yang sehat dan memiliki daya tahan yang baik akan jauh dari sakit atau kemungkinan serangan penyakit.

Selain cara-cara yang disebutkan di atas, memperkuat daya tahan tubuh juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan-makanan tertentu yang memiliki khasiat untuk tujuan tersebut. Berikut ini di antaranya.

Bawang putih

Bawang putih dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh, karena mengandung vitamin C, B1, B6, mineral (fosfat serta zat besi dan sulfoksida). Bahan-bahan yang terkandung dalam bawang putih berfungsi sebagai antijamur, antiseptik dan antibakteri. Bawang putih juga sangat berkhasiat dalam mencegah penyakit pilek, batuk, dan infeksi pada dada.

Ikan

Ikan, khususnya salmon, makarel, dan tuna, banyak mengandung asam lemak omega-3, yang berfungsi dalam memperkuat daya tahan tubuh, juga meningkatkan aktivitas sel darah putih yang mampu menghancurkan bakteri berbahaya yang berada dalam tubuh kita.

Buah-buahan

Buah-buahan, khususnya jambu biji, mangga, duwet, dan jambu monyet, mengandung vitamin C yang berfungsi memperkuat daya tahan tubuh, meningkatkan produksi sel darah putih, serta menurunkan risiko terserang penyakit kardiovaskular.

Gandum 

Gandum mengandung serat dalam jumlah yang tinggi, protein, juga antioksidan. Gandum merupakan salah satu makanan yang juga sangat baik untuk memperkuat daya tahan tubuh dari segala serangan penyakit. Untuk memperkuat daya tahan tubuh, kita bisa mengonsumsi makanan-makanan yang dihasilkan dari gandum.

Related

Health 8465981403088789769

Recent

item