Inilah Jalur Kereta Api Paling Membingungkan di Dunia


Naviri Magazine - Jakarta adalah kota besar yang memiliki sarana transportasi berupa kereta listrik, yang dilengkapi dengan rel yang menghubungkan Jabodetabek. Bagi warga Jakarta, naik kereta listrik di Jakarta dan sekitarnya mungkin tidak terlalu membingungkan. 

Namun, bagi pendatang, atau bukan asli Jakarta, naik kereta di Jakarta bisa membingungkan. Dari urusan naiknya di mana, sampai turunnya di mana. 

Padahal, jalur kereta di Jabodetabek mungkin termasuk salah satu jalur kereta sederhana dan paling mudah dipahami di dunia. Hanya ada 6 jalur yang ditandai dengan warna berbeda: merah, kuning, biru, hijau, cokelat, dan ungu. Ditambah dengan penjelasan grafik yang mudah dipahami, jadilah peta KRL kita—sekaligus jalurnya—relatif mudah untuk dipahami.

Tapi tentu tidak semua rute dan peta KRL semudah di Jabodetabek.

Riccardo Gallotti dan Marc Barthelemy dari CEA-Saclay, Perancis, serta Mason Porter dari Universitas Oxford, Inggris, merilis hasil penelitian berjudul "Lost in Transportation: Information Measures and Cognitive Limits in Multilayer Navigation". 

Ide awal penelitian ini sederhana. Saat ini, ada 30 kota raksasa—area urban dengan penduduk lebih dari 10 juta orang—di dunia. Perkembangan penduduk di suatu daerah biasanya diikuti pula dengan perkembangan sistem transportasi, termasuk variasi model transportasi. 

Dari data mereka, sekitar 80 persen kota dengan penduduk lebih dari lima juta orang, punya sistem kereta dalam kota. Istilah yang sering dipakai antara lain: subway, atau metro, atau KRL. 

Penelitian tentang rute kereta ini bertujuan untuk melihat perkembangan sistem transportasi urban, dan apakah perkembangan itu berpengaruh ke panduan visual yang, "melebihi batas kognitif kita."

Dalam penelitian ini, mereka menganalisis 15 sistem kereta terbesar di dunia, indikatornya menggunakan total stasiun. Lalu mereka menganalisis sejauh mana seorang penumpang bisa pergi dari satu titik ke titik lain dengan dua kali transit. 

Hasilnya disandingkan dengan teori lain yang mengatakan bahwa, penumpang bisa menyimpan hingga empat informasi dalam satu waktu. Yakni: titik awal keberangkatan, titik tujuan, dan dua stasiun transit. Dari sana, kemudian peneliti menyimpulkan stasiun mana yang peta dan jalurnya paling rumit.

Soul, Korea Selatan, dianggap sebagai tempat yang memiliki jalur kereta sangat rumit. Ada tiga perusahaan yang menjalankan KRL di Seoul, dua di antaranya adalah milik negara. Jika Jabodetabek punya 6 jalur, Seoul punya 11. Ada 367 stasiun kereta di Seoul dan sekitar 7,9 juta penumpang setiap harinya. 

Untungnya, di sana disediakan aplikasi yang disebut Subway Korea. Aplikasi itu berisi jalur kereta, arahan, hingga waktu kedatangan kereta. Kita tinggal mengisi stasiun keberangkatan, lalu mengetik tujuan. Nanti akan ada pula saran rute terpendek.

Meski tergolong rumit, jalur kereta di Seoul bukan yang terumit, begitu pula Tokyo yang kerap didapuk sebagai jalur kereta yang paling rumit. Menurut penelitian tiga ilmuwan yang diterbitkan di jurnal Science Advance, jalur kereta dan peta rute paling rumit ada di kota New York. Sebegitu rumit, hingga penduduk New York sendiri masih sering kebingungan saat naik kereta di sana.

Kesulitan itu makin bertambah jika Anda wisatawan. Kesulitan pertama adalah ada terlalu banyak jalur. Jakarta punya 6 jalur, Seoul punya 11, New York punya 27. Selain itu, kota New York juga punya banyak stasiun, yakni 472. 

Untuk menambah kebingungan, sering ada perubahan jalur rel tiba-tiba dan diumumkan mendadak. Tingkat kesulitan ini makin bertumpuk karena sering ada pergantian rute, paling tidak dua tahun sekali.

Untuk membayangkan bagaimana rumitnya jalur kereta di New York, cobalah ketik kata kunci “New York City subway” di mesin pencari, maka yang muncul adalah peta dengan garis-garis aneka warna yang centang perenang dan saling tindih satu sama lain. Hasilnya, menurut tiga peneliti itu, sistem kereta di New York adalah yang "paling membingungkan di seluruh dunia."

Related

World's Fact 5828148113531216616

Recent

Hot in week

item