Review Buku Very Good Lives Karya J.K. Rowling Kelebihan dan Kekurangannya (Bagian 2)


Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Review Buku Very Good Lives Karya J.K. Rowling Kelebihan dan Kekurangannya - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Kelebihan Buku Very Good Lives

Buku ini memiliki sejumlah kelebihan. Para pembaca menilai isi pidato ini dirangkum dengan apik, seru, cerdas, dan menginspirasi. J.K. Rowling juga menyelipkan sedikit humor di tengah-tengah pidato motivasionalnya. Hal ini membuat pembaca tidak merasa bosan.

Buku Very Good Lives juga memiliki sejumlah ilustrasi yang bagus dan mendukung penjelasan narasi pidato ini. Ilustrasi tersebut berwarna, sehingga menambah nilai visual buku jadi lebih segar. Selain itu, pembaca bisa mendapatkan banyak kalimat yang quotable dalam buku ini. Lalu, desain sampul buku juga simpel tapi elegan.

Buku Very Good Lives dalam versi terjemahan Bahasa Indonesia juga cukup baik. Terjemahan bahasanya indah dan mudah dimengerti. Pembaca tidak mengalami kesulitan untuk memahami isi pidato yang disampaikan J.K. Rowling.

Sebagai buku rangkuman pidato pemberdayaan yang memuat pengalaman pribadi penulis, buku ini mudah untuk dijadikan bahan pembelajaran. Ditambah lagi, buku ini sangat singkat, isinya padat dan sederhana, tetapi memiliki makna yang mendalam.

Buku ini mencerahkan, memberdayakan, dan meyakinkan semua orang, agar bisa menghirup udara segar. Buku ini sangat cocok bagi anda yang menyukai bacaan yang dapat membangkitkan semangat dan harapan positif dalam memandang kehidupan secara lebih baik.

Kekurangan Buku Very Good Lives

Selain kelebihan, buku Very Good Lives juga memiliki kekurangan. Kekurangan pada buku ini terletak pada masih ditemukannya sejumlah kata yang dinilai kurang pas, karena memang buku terjemahan. Namun, hal ini tidak jadi hambatan bagi para pembaca untuk memahami isi buku.

Selain itu, pembaca menemukan kesan nanggung dalam menerjemahkan buku ini. Sebab, ada beberapa ilustrasi yang tetap menggunakan Bahasa Inggris. Hal ini dinilai kurang memenuhi ekspektasi pembaca, di mana buku ini harusnya diterjemahkan semua sampai ke ilustrasinya juga.

Pesan Moral Buku Very Good Lives

Melalui kisah ini, kita dapat memaknai bahwa hidup bagaikan cerita. Hal yang paling penting bukan seberapa lama cerita berlangsung, tetapi seberapa baik hidup yang kamu jalani. Kita hendaknya fokus untuk memberikan yang terbaik dalam hidup yang kita jalani.

Lalu, J.K. Rowling juga mengingatkan kita untuk senantiasa bersyukur, karena tidak ada makhluk lain di dunia yang seperti manusia. Tidak ada makhluk lain yang bisa belajar dan memahami tanpa harus mengalami. Manusia mampu menempatkan diri dalam posisi orang lain.

Kemampuan ini menjadi sebuah kekuatan, seperti layaknya sihir yang dituliskan dalam kisah fiksi, tetapi bersifat netral secara moral. Manusia dapat memanfaatkan kemampuan ini untuk tujuan yang baik. Hendaknya kita juga tidak menyalahgunakan kemampuan ini. 

Seseorang tak akan pernah benar-benar mengenal dirinya sendiri, atau betapa kuatnya suatu hubungan, hingga diuji dengan cobaan hidup. Cobaan tak selamanya bersifat buruk. Sebab, melalui cobaan, kita dapat belajar dan menginterpretasikan dunia dengan lebih baik.

Related

Books 2604976546219991453

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item