Ternyata Film Box Office dan Blockbuster Itu Berbeda, Ini Penjelasannya


Buat kamu pencinta film, pasti sudah tak asing lagi dengan istilah box office dan blockbuster. Dua istilah ini sering muncul menjelang rilisnya film ternama. Sekilas, dua istilah tadi terkesan sama, tapi apa betul punya arti yang sama juga?

Meski sekilas mirip, ternyata keduanya memiliki perbedaan yang mendasar. Nah, buat kamu yang belum paham, coba cek perbedaan antara box office dan blockbuster melalui penjelasan di bawah ini.

Pengertian dan Sejarah Box Office

Istilah box office awalnya digunakan merujuk pada kotak yang diedarkan kepada penonton sebagai donasi pemutaran film tersebut. Pada zaman itu, belum ada sistem menonton dengan ticketing seperti sekarang

Namun pada era modern, istilah box office mengalami pergeseran arti. Saat ini, box office merujuk pada film yang mendapatkan penghasilan melebihi biaya produksi dalam waktu beberapa hari tayang, atau saat minggu pertama saja. Sebagai contoh, ini beberapa daftar film yang masuk dalam daftar box office di tahun 2019 silam.

Black Panther

Biaya produksi = $200 juta
Keuntungan = $1,344 miliar

Aquaman

Biaya produksi = $ 200 juta
Keuntungan = $ 1,132 miliar

Bohemian Rhapsody

Biaya produksi = $212 juta
Keuntungan = $854 juta

Pergeseran Arti Blockbuster

Sama dengan box office, istilah blockbuster juga mengalami pergeseran arti. Awalnya, blockbuster disematkan pada film yang mendapat penghasilan lebih dari USD 100 juta. Namun belakangan, pengertiannya berubah menjadi film dengan budget tinggi yang dibintangi oleh aktor dan aktris populer. Sehingga film ini diminati oleh banyak orang meski belum resmi tayang di bioskop.

Film Jaws di tahun 1975 menjadi film pertama yang mendapat predikat blockbuster di Hollywood, dengan penjualan tiket di atas USD 100 juta. Sedangkan saat ini, film-film yang tergolong sebagai film blockbuster seperti Avengers: Endgame, Spiderman: Far From Home, MIB atau Annabelle.

Perbedaan Box Office dan Blockbuster

Merujuk pengertian di atas, satu film bisa disebut sebagai film blockbuster dan box office sekaligus. Biasanya, sebuah film box office berawal dari blockbuster yang penjualannya melebihi biaya produksi. Meski demikian, film blockbuster belum tentu menjadi box office. Hal ini tergantung dari hasil penjualan tiket saat filmnya sudah tayang.

Related

Film 1505460963265442189

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item