Biografi Michael Crichton, Penulis Novel Terkenal Amerika


John Michael Crichton, M.D. (23 Oktober 1942 – 4 November 2008) adalah seorang penulis, produser film/televisi, dan sutradara Amerika Serikat. Ia dikenal dengan karya-karya berupa novel, film, dan acara televisi bertem fiksi ilmiah dan techno-thriller.

Crichton lulus summa cum laude dari Harvard College, memperoleh gelar M.D. dari Sekolah Kedokteran Harvard, dan menjadi peneliti pascadoktoral di Institut Salk untuk Kajian Biologi. 

Karya-karyanya tentang sejarah masa depan memiliki latar belakang kedokteran atau sains. Ia adalah pencipta film seri ER, dan pernah bertindak sebagai produser. Namanya dikenal luas setelah novel karyanya, Jurassic Park dan The Lost World, diangkat menjadi seri film Jurassic Park. Novel karangan Crichton yang lain adalah Pengungkapan (Disclosure), Mesin Waktu (Timeline), dan Mangsa (Prey).

Karier

Crichton lahir di Chicago, Illinois, dari pasangan John Henderson Crichton dan Zula Miller Crichton. Sewaktu kecil, ia dibesarkan di Roslyn, Long Island, New York. Ia memiliki dua saudara perempuan bernama Kimberly dan Catherine, dan adik laki-lakinya bernama Douglas.

Sewaktu menjadi mahasiswa kedokteran, ia menulis novel dengan nama pena John Lange atau Jeffery Hudson. Novel A Case of Need yang ditulisnya dengan nama pena Jeffery Hudson memenangi Penghargaan Edgar untuk novel terbaik tahun 1969. Novel berjudul Dealing ditulis bersama adiknya, Douglas. Mereka berdua memakai nama pena Michael Douglas. Di sampul belakang buku dipasang foto yang diambil sang ibu ketika mereka berdua masih kecil.

Nama pena John Lange dan Jeffery Hudson dipilihnya karena tinggi badan Crichton di atas rata-rata. Menurut pengakuannya, tinggi badannya pada tahun 1997 adalah 206 cm. Lange adalah nama keluarga di Jerman yang berarti "si tinggi", sementara Sir Jeffrey Hudson adalah orang cebol terkenal dari abad ke-17.

Crichton menikah lima kali dan bercerai empat kali. Ia pernah menikah dengan Suzanna Childs, Joan Radam (1965-1970), dan Kathy St. Johns (1978-1980) sebelum menikah dengan istri keempat bernama Anne-Marie Martin yang memberinya seorang anak perempuan bernama Taylor Anne. Istrinya yang kelima bernama Sherri Alexander. Michael Crichton, meninggal dunia akibat kanker di Los Angeles, 4 November 2008, di usia 66 tahun.

Related

Figures 4045693054460531837

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item