Biografi Mirza Filzah, Artis Malaysia yang Sukses Jadi Pengusaha


Nur Amirah Filzah Badioezaman adalah seorang aktris, pengacara, model dan pengusaha wanita asal Malaysia. Menjadi artis wanita terlaris di Malaysia, ia memerankan banyak sinetron seperti Eksperimen Cinta (2015), Cinta Si Wedding Planner (2016), Meh Sandar Pada Aku (2017), Pujaan Hati Kanda (2018-2019), Lelaki Kiriman Tuhan (2018-2019), Sweet Dreams (2019) dan Adellea Sofea (2019–2020), juga film Rise: Ini Kalilah (2018) dan Sangkar (2019). 

Selain akting, ia juga memiliki produk kecantikannya sendiri, yaitu Mora Essential, yang bekerjasama dengan partner lain, dan koleksi syal mereknya sendiri, MF Shawls. South China Morning Post menggambarkannya sebagai "Malaysia's ultimate girl's next door"

Mira Filzah lahir pada 2 April 1993 di Ipoh, Perak. Ia merupakan anak kedua dari tiga bersaudara dari pasangan Faziatul Akmar Hisan dan Badioezaman Ab Khalik. Adik bungsunya adalah Aina Fadhilah. Ia mengenyam pendidikan awal di Sekolah Menengah Kebangsaan Aminuddin Baki, Kuala Lumpur, dan merupakan lulusan bisnis internasional di Universiti Teknologi MARA (UiTM).

Mira Filzah mulai terjun ke bidang modeling pada usia 17, sebelum pindah ke dunia akting. Drama televisi pertamanya adalah Dunia Lola, di mana ia memegang peran utama sebagai Lola, acara hijabista yang berkolaborasi dengan Sunsilk Shampoo. 

Setelah pensiun dari dunia hiburan selama 2 tahun untuk fokus studi di Bisnis Internasional di UiTM, Mira tidak menyangka ada tawaran di bidang akting yang datang kepadanya melalui sinetron Eksperimen Cinta yang digarap oleh Izreen Azminda dan Fahrin Ahmad. Tawaran yang datang ia anggap sebagai rezeki dan pengalaman baru. 

Tawaran makin banyak datang setelah ia membintangi sinetron Eksperimen Cinta, dan ia secara teratur muncul di televisi membintangi berbagai FTV setelah itu. 

Mira memenangkan Penghargaan MeleTOP Era 2016 sebagai Artis Baru MeleTOP dan Berita Harian Popular Star Award ke-29 sebagai Akrtis Baru Wanita Populer. Pada 2019, melalui Penghargaan Bintang Populer Berita Harian ke-32, Mira memenangkan kategori Aktris TV Wanita Populer dan Aktris Film Wanita Populer serta Drama Compatible Coupling dengan Remy Ishak untuk drama Pujaan Hati Kanda. Dia juga dinobatkan sebagai Bintang Paling Populer yang paling banyak dipilih masyarakat. Dia memiliki klub penggemar yang disebut "Miraclegacy". 

Mira terus mengasah bakatnya sebagai pembawa acara, ketika diberi kesempatan menjadi pembawa acara Mahligai Cinta season 10 yang tayang di TV3. Dia mengambil peran sebagai pembawa acara Nona di TV3 untuk menggantikan Uyaina Arshad. Ia ikut membintangi film drama politik Rise: Ini Kalilah, yang disutradarai oleh Nik Amir Mustapha. Film tersebut merupakan debut aktingnya di film layar lebar, dan tayang perdana pada 13 September 2018.

Mira juga muncul di video musik untuk lagu "Baby Sayang" bersama Caprice. Ia dan suaminya, Wan Emir Astar, menjadi pembawa acara In Love With Mira yang mulai tayang di Naura mulai 7 September 2020. 

Di luar karier aktingnya, Mira adalah seorang pengusaha sukses. Dia pendiri produk kecantikan Mora Essential oleh Mira Filzah. Dengan minat yang mendalam pada fashion, Mira mendirikan rangkaian MF Shawls yang memproduksi berbagai jenis syal.

Related

Celebrity 8826196055271264091

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item