Begini Cara Melaporkan Anggota TNI yang Bermasalah


Masyarakat Indonesia pernah dihebohkan dengan video aksi dua anggota TNI AU menginjak kepala seorang disabilitas di Papua. Aksi ini menuai kecaman dari banyak pihak, termasuk kelompok penyandang disabilitas.

Bukan kali ini prajurit TNI terlibat masalah. Masyarakat sipil diperbolehkan melapor jika melihat ada anggota TNI aktif yang diduga melanggar hukum. Hal ini kerap disampaikan oleh siapa pun yang menjabat sebagai Panglima TNI.

Untuk melaporkan anggota TNI yang bermasalah, masyarakat hanya perlu mendatangi kantor Polisi Militer terdekat sesuai asal matra anggota yang melanggar.

Jika ingin melaporkan anggota TNI AD misalnya, maka datanglah ke Satuan Polisi Militer Angkatan Darat. Pelapor akan diberi bantuan dan pelayanan informasi.

“Setiap pelaporan yang diterima Satuan Polisi Militer Angkatan Darat tidak dipungut biaya apapun,” tulis penjelasan tentang pelaporan seperti dikutip dari laman resmi Pusat Polisi Militer TNI AD.

Merespons kasus-kasus yang sering terjadi tersebut, masyarakat diharapkan agar aktif melaporkan kepada polisi militer bila menemukan anggota TNI yang melanggar hukum. Pasalnya sebagai abdi negara, TNI adalah milik masyarakat yang sudah seharusnya melindungi warga.

Related

Indonesia 2471149195644456744

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item