Kena Gagal Ginjal, Pria di Bogor Harus Cuci Darah Seumur Hidup


Riri Robiani (30) menceritakan bagaimana awal mula suaminya, Yassir AlHabsyi (30) harus menjalani cuci darah akibat gagal ginjal. Melalui akun TikTok-nya, Riri kerap membagikan kisah pengalamannya menemani sang suami menjalani cuci darah selama sembilan tahun terakhir.

Riri menceritakan saat itu ia baru saja menikah dengan Yassir sampai suatu hari suaminya mengalami gejala sesak napas. Gejala awal yang muncul itu begitu mengganggu Yassir hingga membuatnya sering terbangun ketika tidur di malam hari.

"Awalnya kita baru mau setahun nikah, dia mulai sering sakit, setiap malam kebangun gara-gara sesak dadanya, terus badannya membengkak, makanya kita ke dokter," cerita Riri, Sabtu (24/2/2024).

"Pertama itu gejalanya Kak Yassir itu sering cegukan, sering banget, dan setiap cegukan itu lama berhentinya. Terus tidak nafsu makan, mudah lelah, mudah ngantuk, terus di mulut ada rasa-rasa bau besi, kalau bangun tidur bagian lutut bagian bawah itu suka tiba-tiba..." sambungnya.

Karena sesak napas yang dialami Yassir sudah sangat mengganggu, Riri pun memutuskan untuk membawa suaminya pergi ke dokter paru. Namun, setelah itu dokter merujuk Yassir untuk pergi ke dokter spesialis jantung.

Dokter jantung yang memeriksa kondisi Yassir menuturkan bahwa bahwa suami Riri mengalami kebocoran jantung. Karena penyakit itu, Yassir sempat menjalani pengobatan jantung selama dua bulan.

Selama pengobatan itu, Riri dan suami tidak melihat adanya perubahan yang signifikan. Dokter lantas merujuk Yassir lagi untuk melakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis penyakit dalam. Dari situ terungkap bahwa Yassir rupanya mengidap gagal ginjal stadium akhir.

"Terus setelah dilakukan check-up, baru terungkap saat itu kalau Kak Yassir kena gagal ginjal sudah stadium akhir," cerita Riri.

Pada saat itu dokter langsung meminta Yassir untuk menjalani perawatan cuci darah. Namun, Yassir dan Riri awalnya sempat 'mengelak' dan memutuskan menjalani pengobatan herbal. Selama empat bulan berjalan, kondisi Yassir justru memburuk dan akhirnya mereka mengikuti saran dari dokter.

"Kondisinya (sekarang) sehat bisa beraktivitas seperti biasa, tapi memang harus rutin cuci darah secara medis seumur hidup. Masih bisa bekerja, paling nggak boleh angkat berat-berat aja," ujarnya.

Related

News 472497549697458460

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item