Rahasia di Balik Gigi Putih dan Rata Sempurna

Rahasia di Balik Gigi Putih dan Rata Sempurna

Naviri.Org - Pernahkah Anda menyaksikan foto-foto orang di Instagram yang tampak memiliki gigi putih, indah, dan sempurna? Orang-orang dalam foto itu mungkin sedang tersenyum, tertawa, atau sedang membuka mulut, dan Anda menyaksikan gigi mereka tampak sangat terawat. Bagaimana orang-orang itu bisa memiliki gigi yang begitu putih dan rata sempurna?

Sebagian orang memang harus menghadapi kondisi giginya yang bisa dibilang bermasalah, semisal tidak rata, atau tampak kusam, dan lain-lain. Bahkan meski telah dibersihkan dengan cara menggosok gigi secara rutin pun, warna gigi kadang tidak bisa sangat putih. Lalu bagaimana dengan orang-orang yang tampak memiliki gigi sangat putih dan sempurna? Apa yang mereka lakukan hingga bisa memiliki gigi seperti itu?

Salah satu rahasia di balik gigi yang putih sempurna adalah veneer.

Situs kesehatan WebMD menjelaskan bahwa veneer gigi ialah penambahan lapisan tipis yang dibuat dalam bentuk seperti gigi dan diberi warna. Benda tersebut berguna untuk melindungi permukaan gigi dan memperbaiki penampilan, karena mampu mengubah warna, bentuk, dan ukuran gigi. Veneer terkadang melibatkan pengikisan gigi.

Tindakan ini bisa dilakukan dengan dua metode, yakni direct veneer dan indirect. Yang pertama adalah veneer yang langsung dikerjakan pada gigi dengan bahan resin komposit. Yang kedua dilakukan di laboratorium, umumnya dibuat dengan bahan porselen, dan biayanya lebih besar.

Salah satu artis yang juga menggunakan veneer gigi adalah Agnes Monica atau Agnez Mo. Dalam sebuah tayangan video, penyanyi Agnes Monica menyatakan bahwa mulutnya terasa mati rasa sesaat setelah melakukan perawatan veneer gigi dengan Sam Saleh, dokter gigi yang membuka kliniknya di Beverly Hills, Amerika Serikat. Dalam video itu Agnez menyiratkan rasa puasnya meski ia harus sedikit “menderita”.

Sivan Finkel, DMD, pemilik klinik The Dental Parlour New York, berkata bahwa orang-orang yang ada di Hollywood sebagian besar melakukan veneer gigi. Hal tersebut turut berpengaruh pada pekerjaan mereka, terutama mereka yang bekerja di industri hiburan atau gaya hidup. Era digital memberi pengaruh besar pada tren tersebut.

Refinery29 melaporkan bahwa ada sejumlah dokter di negara tersebut rela menawarkan perawatan veneer gratis bagi para lifestyle blogger dan influencer. Tren veneer gigi muncul sejak 10 tahun belakangan.

Namun, ada hal yang kemudian menjadi perdebatan, yakni tampilan hasil veneer yang dianggap tak natural. Wacana ini menyeruak lantaran warna gigi menjadi terlalu putih serta bentuknya terlalu mulus. Dalam Allure, Finkel mengungkapkan bahwa hasil veneer yang baik ialah gigi yang tetap nampak normal.

Praktik veneer gigi sebenarnya telah dilakukan sebelum tahun 1970. Praktik ini dipopulerkan oleh Charles Pincus di Hollywood, Amerika Serikat. Veneer menjadi populer di kalangan praktisi dunia hiburan, seiring dengan berkembangnya fotografi dan film. Para selebriti yang sempat melakukan tindakan veneer gigi ialah James Dean, Joan Crawford, dan Shirley Temple.

Veneer termasuk dalam ranah estetik. Business Insider memperkirakan bahwa dalam tiga tahun ke depan industri estetika gigi akan meningkat hingga mencapai jumlah $22.362,4 juta. Hal tersebut disebabkan oleh meningkatnya kelas menengah yang kian menyadari perlunya melakukan perawatan estetika gigi.

Penggunaan media sosial serta tuntutan untuk tampil sempurna bagi mereka yang berkecimpung di dunia mode dan hiburan juga menjadi faktor pendorong.

Baca juga: Sebelum Hamil, Wanita Perlu Memeriksa Kesehatan Gigi

Related

Health 7341802043351030420
item