Kisah Lahirnya Bra dan Awal Bisnis Beromset Jutaan Dolar

Kisah Lahirnya Bra dan Awal Bisnis Beromset Jutaan Dolar

Naviri Magazine - Bra ditemukan oleh Mary Phelps Jacob, seorang tokoh masyarakat New York, AS, pada tahun 1913. Secara resmi, bra temuannya dipatenkan pada tahun 1914, dan memperoleh Hak Paten AS untuk “Backless bra”. Sejak itu pula, bra menjadi pakaian dalam pilihan banyak wanita di dunia, yang waktu itu biasa mengenakan korset.

Ide pembuatan bra muncul tanpa sengaja. Pada waktu itu Mary Phelps Jacob baru membeli sebuah gaun malam tipis untuk salah satu kegiatan sosial. Dia melihat gaun itu tidak mampu sepenuhnya menutupi tubuhnya, meski ia telah mengenakan korset.

Dia pun lalu menggunakan dua saputangan sutra dan beberapa pita merah, yang ia gunakan untuk menutupi bagian dadanya.

“Pakaian dalam” model baru itu rupanya menarik perhatian teman-temannya. Maka, Mary Phelps Jacob lalu mendesain pakaian dalam yang benar-benar layak pakai, dan permintaan pun seketika datang dari banyak wanita.

Untuk menunjang pembuatan pakaian dalam tersebut, dia lalu mendirikan Caresse Crosby Brassieres, usaha rumahan yang ia gunakan untuk memproduksi bra kreasinya.

Mulanya, usaha pembuatan bra itu dilakukan oleh Mary Phelps Jacob sendiri. Namun, menjalankan bisnis tidak menyenangkan baginya, sehingga akhirnya ia memutuskan untuk menjual usahanya kepada Warner Brothers Corset Company di Bridgeport, Connecticut, sebesar 1.500 dollar.

Perusahaan terakhir itu kemudian mencetak angka penjualan lebih dari 15 juta dollar dari hak paten tersebut selama 30 tahun berikutnya.

“Bra” adalah kata Prancis kuno (brassiere) yang berarti “lengan atas”.

Baca juga: Bermodal Kecil, Para Wanita Ini Sukses Berbisnis Hijab

Related

History 5246303342754401515

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item