Hati-hati, Minum Teh Terlalu Banyak Ternyata Bisa Berbahaya

Hati-hati, Minum Teh Terlalu Banyak Ternyata Bisa Berbahaya

Naviri Magazine - Seorang kakek berusia 56 tahun meninggal secara mendadak, setelah tiba-tiba merasa lemas, lelah, dan sakit di seluruh badan. Dokter menyimpulkan kakek ini meninggal karena gagal ginjal, yang dipicu oleh konsumsi teh yang terlalu banyak.

Dalam New England Journal of Medicine, disebutkan dalam tubuh si kakek ditemukan kandungan oksalat yang melebihi batas normal. Diduga, kandungan oksalat berlebih ini berasal dari kebiasaan si kakek yang terlalu sering minum es teh.

Kakek yang tak disebutkan namanya tersebut diketahui memiliki kebiasaan minum 16 gelas es teh per hari. Akibatnya, kandungan oksalat dalam tubuhnya mencapai 1.500 miligram, sangat jauh di atas batas normal yang menurut The Academy of Nutrition and Dietetics ada di kisaran 40-50 mg per hari.

"Jika Anda hanya minum teh sekali atau dua kali per hari, kandungan oksalat tidak akan melebihi batas normal. Hanya saja, pasien ini minum teh 10 kali lebih banyak daripada masyarakat normal, dan tentu saja berbahaya," ungkap Dr Umbar Ghaffa dari University of Arkansas for Medical Sciences, dikutip dari Reuters.

Dr Umbar menjelaskan bahwa terlalu banyak kandungan oksalat di dalam tubuh akan merusak fungsi ginjal. Biasanya, oksalat yang ada di ginjal akan mengkristal, dan akhirnya menjadi batu ginjal yang menghambat keluarnya urin.

Namun pada kasus kakek ini, kristal oksalat yang ada di dalam ginjal malah menyebabkan radang. Jika tak ditangani, kristal ini akan merobek salah satu jaringan ginjal, dan berujung pada kematian akibat fungsi ginjal yang menurun secara mendadak.

Dr Gary Curhan dari Harvard Medical School mengatakan bahwa kasus kematian kakek ini menimbulkan ironi. Dalam penelitian sebelumnya, disebutkan bahwa konsumsi segelas atau dua gelas teh sehari baik untuk mencegah terserang batu ginjal.

"Orang yang minum teh dalam porsi normal memang biasanya memiliki risiko batu ginjal yang lebih rendah. Hanya saja, berdasarkan laporan, kakek ini minum dalam jumlah banyak dan akhirnya kandungan oksalatnya membengkak," ungkapnya.

Related

Health 8007061254089069915

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item