Elif Bilgin, Remaja Penemu Bioplastik yang Bermanfaat bagi Bumi

Elif Bilgin, Remaja Penemu Bioplastik yang Bermanfaat bagi Bumi

Naviri Magazine - Seorang perempuan remaja asal Turki berusia enam belas tahun, bernama Elif Bilgin, telah menciptakan plastik ramah lingkungan yang terbuat dari limbah kulit pisang. Ide Elif ini diawali ketika ia mendapati kandungan pati dan selulosa yang terkandung dalam lapisan luar kulit pisang berguna untuk menjaga kesegaran daging buah pisang di dalamnya.

Ia juga mencatat kulit mangga yang dimanfaatkan dalam produksi plastik. Kemudian ia berteori kalau bahan tersebut dapat digunakan untuk membuat bahan isolator yang mampu melindungi kabel.

Bilgin pun menciptakan bioplastik dari limbah kulit pisang. Diharapkan, di masa depan mampu mengurangi polusi yang disebabkan karena limbah produk plastik yang berbasis minyak bumi.

Penemuan Bilgin memenangkan hadiah utama dan uang tunai 50.000 dolar AS di Scientific American Science, dan memenangkan gelar juara harapan di Google Science Fair. Di masa depan, anak muda ini berniat untuk menciptakan rumah kaca ramah lingkungan yang seluruh bagiannya terbuat dari limbah daur ulang.

Elif Bilgin, Remaja Penemu Bioplastik yang Bermanfaat bagi Bumi

Related

Science 213589784440831402

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item