Kunci Penting yang Menjadikan Manusia Mampu Bertahan Hidup


Naviri Magazine - Arkeolog Patrick Roberts dari Max Planck Institute dan Brian Stewart dari University of Michigan, dalam studi terbaru yang dipublikasikan di Nature Human Behavior, berkesimpulan bahwa kemampuan Sapiens (manusia) untuk beradaptasi dalam lingkungan yang berbeda-beda, bahkan termasuk yang ekstrem sekalipun, berperan penting dalam menyelamatkan manusia modern dari berbagai ancaman. Kedua peneliti ini menyebut manusia modern sebagai generalis spesialis.

Selama ini terdapat dikotomi jelas antara spesies generalis dan spesies spesialis dalam dunia organisme. Panda misalnya, merupakan makhluk spesialis yang hanya dapat hidup dalam kondisi lingkungan dingin, dengan sumber makanan terbatas. Lain halnya dengan hewan omnivora sebangsa tikus atau rakun, yang identik dengan spesies generalis yang cenderung bisa beradaptasi di berbagai lingkungan.

Meskipun manusia selama ini diidentikkan sebagai makhluk generalis, Roberts dan Stewart rupanya memiliki pandangan lain. Bagi keduanya, manusia modern merupakan makhluk generalis dan spesialis pada saat bersamaan.

Homo sapiens, yang diprediksi telah hidup sejak 300 ribu tahun lalu, memulai perjalanan migrasinya keluar dari benua Afrika 100 ribu tahun kemudian. Sejak itu, Sapiens berhasil menjelajahi seluruh dataran di bumi dengan kondisi beragam: menaklukkan sabana Afrika, gurun di semenanjung Arab, dataran tinggi Tibet yang dingin, hingga hutan tropis di Indonesia.

Bukan hanya melewati, sebagian dari populasi Sapiens justru kemudian menetap dan berkembang biak di suatu lingkungan tertentu, menggantikan spesies manusia lain seperti Homo neanderthalensis atau Homo erectus.

Di sinilah letak simultannya. Di satu sisi, dengan sifat adaptifnya, Sapiens bisa bertahan di berbagai kondisi lingkungan, tapi di sisi lain sebagian populasi Sapiens menspesialisasikan dirinya ke dalam kondisi tertentu. Bahkan sampai berkoloni hingga membangun peradaban di tempat tersebut.

Related

Science 3673519148610814029

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item