Mengapa Napoleon Bonaparte Selalu Menyembunyikan Telapak Tangannya?


Naviri Magazine - Napoleon Bonaparte, tokoh militer Prancis yang dikenal sebagai Singa Daratan Eropa karena sempat menguasai hampir seluruh Eropa, punya pose andalan di setiap lukisan dirinya. 

Selain berdiri dengan posisi agak menyamping, telapak tangan kanannya selalu berada di balik jubah kebesarannya. Dalam banyak lukisan, Napoleon seperti sengaja menyembunyikan telapak tangannya, agar tak terlihat. Ada apa dengan telapak tangan sang kaisar?

Dugaan paling umum berhubungan dengan kebiasaan. Budaya pada masa itu menyebutkan bahwa wibawa seorang pemimpin ditunjukkan dengan tidak menampakkan telapak tangannya. 

Dugaan lain, Napoleon sengaja menyelipkan tangan kanannya untuk memegangi arloji di kantong dalam jubahnya. Tetapi dugaan yang paling banyak diterima dan dianggap paling masuk akal adalah yang berhubungan dengan kondisi kesehatan sang tokoh.

Napoleon mengidap dermatitis kronis, yang membuat tangannya selalu terasa gatal, dan rusak karena sering digaruk. Karena itulah, Napoleon pun selalu berusaha menyembunyikan telapak tangannya dari muka umum, sebagai upayanya untuk “jaim” dan tidak ingin kehilangan wibawa karena ketahuan punya penyakit kulit. 

Selain itu, riwayat medis Napoleon menunjukkan ia juga mengidap kanker di lambung. Penyakit itu membuatnya mengalami sakit yang luar biasa pada bagian perut. Karena itu pula, diduga ia selalu menggunakan tangan kanannya untuk memegangi bagian yang sakit tersebut.

Related

History 6149939250192666459

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item