Resep Berharga dari Orang Terkaya di Dunia: Tidur 8 Jam Sehari


Naviri Magazine - Jadi orang terkaya di dunia, Jeff Bezos tetap harus tidur 8 jam per hari. Ternyata ada alasan matematis di balik keputusannya untuk memenuhi jam tidur tersebut.

Meski mengaku sangat sulit untuk menyediakan waktu 8 jam untuk tidur, pendiri Amazon itu tetap berusaha untuk mendapatkannya. Alasannya?

"Aku berpikir lebih baik. Aku punya lebih banyak energi. Suasana hatiku lebih baik," kata Bezos dalam diskusi Economic Club of Washington.

Bezos sangat kalkulatif tentang alasan mengapa dia percaya 8 jam tidur adalah kunci untuk meningkatkan produktivitas dan membuatnya bisa menghasilkan keputusan berkualitas tinggi. Ia pun memberikan contohnya.

"Jadi, katakan saya tidur empat jam sehari. Saya akan mendapatkan empat jam produktif. Sebelumnya katakanlah, saya punya 12 jam waktu produktif selama bangun. Sekarang tiba-tiba saya punya 12 plus empat - saya punya 16 jam produktif," ungkapnya.

Itu berarti akan ada 33% lebih banyak waktu untuk membuat keputusan. Dengan kata lain, jika dia akan membuat, katakanlah, 100 keputusan, dia bisa membuat 33 lebih banyak.

"Tapi apakah itu sangat berharga jika kualitas keputusan itu mungkin lebih rendah karena kamu lelah atau kesal atau karena banyak hal? Mungkin tidak," ujarnya.

Ini senada dengan sebuah studi yang diterbitkan dalam Annals of Neurology. Studi tersebut menemukan bahwa mempersingkat waktu tidur dapat menyebabkan pengambilan keputusan yang lebih berisiko - dan kita bahkan mungkin tidak menyadari bahwa kita sedang melakukannya.

"Studi ini memberikan, untuk pertama kalinya, bukti bahwa pemulihan tidur yang tidak memadai di area kortikal yang dibatasi menyebabkan perilaku menyimpang," kata penulis studi tersebut.

Bagi orang sesibuk dirinya, bagaimana ia mencukupi 8 jam tidur? Bagi Bezos, jawabannya terletak pada rutinitas kesehariannya.

"Aku pergi tidur lebih awal. Aku bangun lebih awal. Aku suka membaca koran. Aku suka minum kopi. Aku suka sarapan dengan anak-anakku sebelum mereka pergi ke sekolah," jelasnya.

Bezos juga mengaku lebih suka melakukan pertemuan dengan mereka yang memiliki IQ tinggi sebelum makan siang.

"Apa pun yang benar-benar menantang mental adalah rapat pukul 10 pagi. Karena itu pada jam 5 sore, aku berpikir, 'Aku tidak dapat memikirkan lebih banyak tentang masalah ini hari ini. Ayo coba lagi besok jam 10 pagi’," cetus Bezos.

Dengan begitu, Jeff Bezos pun berhasil mendapatkan tidur 8 jam hampir setiap hari.

Related

Tips 4005870194175785803

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item