Saran dan Panduan Memilih Perguruan Tinggi untuk Kuliah


Naviri Magazine - Ketika lulus dari SMA atau pendidikan yang sederajat, seseorang kadang tidak bisa langsung menjatuhkan pilihan untuk meneruskan kemana atau ke jurusan apa. Hal ini biasanya disebabkan oleh belum siapnya seseorang dalam hal menentukan tujuan pendidikannya. 

Karenanya, agar nantinya tidak salah dalam memilih jurusan atau perguruan tinggi yang akan dimasuki, ada baiknya untuk memikirkan hal-hal berikut ini.

Yang pertama, ketahui terlebih dulu minat yang dimiliki dan atau rencana masa depan yang ingin digapai. Kalau Anda memiliki minat yang besar di bidang sastra, misalnya, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk memasuki perguruan tinggi yang menyediakan jurusan sastra. 

Begitu pula kalau Anda menginginkan untuk menjadi dokter atau berprofesi sebagai dokter, Anda pun bisa memilih perguruan tinggi yang membuka fakultas kedokteran. Jadi, yang pertama perlu diingat adalah jangan sampai salah memilih jurusan di perguruan tinggi. 

Hal semacam itu biasanya terjadi ketika seseorang masuk suatu jurusan atau fakultas hanya karena ikut-ikutan teman atau hanya karena dorongan dari orangtua. Seringkali, jurusan yang tidak sesuai dengan minat atau keinginan hanya akan membuat Anda tidak bersemangat dalam belajar nantinya.

Dalam hal pemilihan jurusan ini, ada kalanya seseorang memiliki minat yang bisa dikatakan ‘tidak populer’. Jurusan sastra, misalnya, mungkin akan dianggap sebagai jurusan yang tidak terlalu berpotensi untuk mendapatkan pekerjaan atau menghasilkan pendapatan yang besar. Tetapi memilih jurusan yang sesuai minat akan lebih baik daripada Anda memilih jurusan yang terkesan populer tetapi tidak Anda minati.

Yang kedua, pilihlah perguruan tinggi yang memang berkualitas, dengan bukti para lulusannya menjadi orang-orang yang berhasil. Hal ini tentu saja relatif sifatnya, tetapi Anda dapat menilai hal itu dengan mempelajari profil perguruan tinggi bersangkutan, atau memperhatikan kualitas para alumninya dengan berbagai cara dan kesempatan.

Yang ketiga, pelajari apa kelebihan dan kekurangan dari perguruan tinggi yang menyediakan jurusan atau fakultas yang ingin Anda masuki. 

Ada kalanya, meski sama-sama menyediakan jurusan ekonomi, misalnya, sebuah perguruan tinggi memiliki fasilitas yang lebih baik dibanding perguruan tinggi lainnya yang juga menyediakan fakultas ekonomi. Fasilitas itu bisa saja berupa hubungan kerjasama dengan beberapa perusahaan untuk magang, dan lain-lainnya.

Yang ketiga, tak ada salahnya pula untuk melihat apakah perguruan tinggi tersebut memiliki fasilitas beasiswa untuk para mahasiswanya ataukah tidak. Beasiswa ini akan menjadi suatu hal yang menguntungkan, khususnya kalau Anda terdorong untuk meraihnya. 

Pada masa sekarang ini sebagian besar perguruan tinggi telah memiliki fasilitas beasiswa ini, hanya saja sebagian diperuntukkan hanya untuk mahasiswanya sendiri, sementara sebagian yang lain lebih bersifat terbuka, yakni juga diperuntukkan untuk orang lain di luar mahasiswanya. Anda bisa memilih mana yang terbaik. 

Related

Tips 2019282858364339710

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item