Ternyata Banyak Orang yang Keliru Saat Menggunakan Obat Kumur


Naviri Magazine - Obat kumur selama ini digunakan untuk menyempurnakan pembersihan gigi. Sesuai namanya, banyak orang menggunakan larutan ini dengan cara berkumur. Padahal, disampaikan drg Dedy Yudha Rismanto, SpPerio, dari Rumah Sakit Pondok Indah, penggunaan obat kumur yang tepat ternyata tak perlu dikocok ke seluruh rongga mulut.

"Ini yang paling sering salah kaprah, banyak orang pakai obat kumur dengan cara dikocok ke seluruh mulut. Aduh, padahal maksudnya penamaan kumur itu agar orang tidak menelannya. Tapi penggunaannya hanya perlu direndam saja di rongga mulut," ujar drg Dedy dalam temu media di Jakarta.

Direndam, maksud drg Dedy adalah mendiamkan cairan obat kumur selama beberapa detik di mulut. Formula di dalamnya nanti yang akan membantu pembersihan gigi dan gusi lebih maksimal.

Ia juga mengingatkan agar masyarakat tidak menelan sisa obat kumur di dalam mulut. Pasalnya, ada sebagian orang yang memilih untuk menelan obat kumur setelah menggunakannya.

"Kumur kan berarti kita membantu mengangkat sisa kotoran di dalam rongga mulut. Kalau ditelan, kotorannya masuk ke dalam mulut, dong. Sebaiknya sih dibuang," tambah dia.

Namun, kalau sudah telanjur ditelan bagaimana? Drg Dedy mengatakan, sebenarnya tidak masalah. Namun, jangan sampai jadi kebiasaan.

"Kalau sesekali tertelan karena tidak sengaja, ya nggak papa. Cuman jangan sampai keterusan," tandas dia.

Related

Health 1814809882961298357

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item