Ingin Tambah Penghasilan? Ini Lima Cara yang Bisa Dicoba

Ingin Tambah Penghasilan? Ini Lima Cara yang Bisa Dicoba

Naviri Magazine - Penghasilan bulanan dari pekerjaan kita kadang kurang atau tidak mencukupi. Karena itulah kita kadang sampai kerja lembur demi bisa mendapat tambahan penghasilan. Namun, sebenarnya, cara menambah penghasilan tidak selalu harus berupa menambah jam kerja atau lembur.

Kalau kebetulan kita punya aset tertentu, entah lahan kosong atau lainnya, kita bisa mengubahnya menjadi sumber penghasilan pasif yang akan menambah penghasilan aktif kita. Berikut ini adalah lima cara yang bisa menjadi sumber uang, yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan.

Bangun kos-kosan

Cara ini terbilang cukup mudah, apalagi kalau Anda sudah punya lahan strategis. Misalnya, Anda punya rumah yang dekat dengan perkantoran dan kampus. Lahan tersebut bisa Anda manfaatkan untuk dapat penghasilan secara pasif.

Jika sudah di daerah strategis, kos-kosan pasti akan laku. Namun, untuk menambah nilai jual, Anda bisa melengkapi fasilitasnya. Misalnya, menyediakan kamar yang sudah dilengkapi perabotan.

Sewa properti

Hampir sama dengan kos-kosan, Anda bisa manfaatkan properti berlokasi strategis untuk mencari penghasilan tambahan. Caranya? Disewakan saja. Anda bisa sewakan ruko untuk toko atau kantor bagi orang lain. Biasanya, harga sewa ruko bahkan jauh lebih mahal daripada kos-kosan.

Contoh, harga sewa ruko daerah Thamrin City Residence, Jakarta Pusat, mencapai Rp 300 jutaan per tahun.

Properti lainnya yang bisa Anda berdayakan adalah lahan parkir. Dengan syarat, lahan parkir tersebut berada di kawasan ramai, seperti perkantoran, pusat perbelanjaan, atau stasiun kereta api.

Royalti dari buku

Awalnya, Anda memang harus bekerja untuk jadi penulis dan mendapat royalti. Namun, royalti tersebut biasanya akan terus diperoleh selama buku masih laku dan diproduksi.

Artinya, walaupun Anda sudah tidak menulis lagi, Anda akan terus dapat penghasilan tambahan.

Iklan di blog atau website

Untuk memiliki pendapatan pasif dari blog, tentu awalnya Anda perlu membangun blog atau website terlebih dahulu. Bisnis blog atau website bisa jadi cara untuk mencari uang tambahan, walaupun Anda tidak melakukan apapun. Anda bisa memesan tulisan dari orang lain.

Semakin kencang traffic yang ada di blog atau website milik Anda, maka semakin tinggi persentase klik iklan yang ada. Biasanya makin ramai pula pihak brand yang ingin beriklan di website atau blog Anda.

Saham

Anda dapat membeli saham di perusahaan tertentu. Keuntungan yang Anda peroleh dari saham itu bisa jadi pemasukan tambahan. Anda tidak perlu kerja, tetapi cukup menunggu profit setelah menanamkan saham di perusahaan tersebut.

Meski tidak perlu kerja, bukan berarti Anda sembarang menanam saham. Anda perlu perhatikan perusahaan yang hendak Anda pilih. Pastikan perusahaan tersebut dikelola dengan baik, dan berpotensi menghasilkan laba yang tinggi.

Dari opsi penghasilan yang sudah disebutkan, kita bisa belajar bahwa cari uang tambahan tetap butuh upaya. Jika tidak dalam bentuk kerja, maka Anda butuh modal.

Perlu diingat pula, biar pun tidak kerja, Anda tetap butuh kemampuan tertentu. Misalnya, menganalisis apakah prospek usaha tersebut menguntungkan atau tidak di masa depan.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang, dan Cara agar Uang Terus Berkembang

Related

Money 8222970216229240935

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item