Penyebab Transfer Uang Lewat ATM Mengalami Masalah atau Gagal

Penyebab Transfer Uang Lewat ATM Mengalami Masalah atau Gagal

Naviri Magazine - Urusan transfer uang lewat bank bisa jadi sering kita lakukan, khususnya kalau kebetulan kita sering berbelanja online di internet. Dalam hal itu, sebagian kita suka mentransfer uang lewat ATM, karena lebih mudah dan praktis dibandingkan transfer lewat teller di kantor bank.

Sayangnya, kadang ada masalah atau kendala. Ketika melakukan transfer lewat ATM, proses transfer kita mengalami kegagalan.

Proses gagalnya transfer di ATM bisa jadi karena kita salah memasukkan kode bank, khususnya jika kita bermaksud mentransfer ke bank di luar bank yang kita gunakan. Selain itu, beberapa hal berikut ini juga bisa menyebabkan transfer yang kita lakukan mengalami kegagalan.

Tidak cermat melihat nomor rekening

Salah satu penyebab proses transfer uang gagal atau salah transfer adalah tidak melakukan pengecekan nomor rekening dengan teliti.

Apalagi jika sedang terburu-buru akan mentransfer uang, salah memasukkan nomor rekening tanpa fokus dengan layar mesin ATM atau Internet Banking bisa membuat proses transfer bisa salah alamat.

Oleh karena itu, setelah memasukkan kode dari bank yang dituju, pastikan untuk melihat nomor rekening dan nama dari pemilik rekening tersebut.

Layanan bank yang sedang mengalami gangguan

Faktor berikutnya yang sering terjadi adalah gangguan pada sistem dari bank itu sendiri. Gangguan ini biasanya berimbas pada layanan mesin ATM hingga internet banking.

Pada suatu kejadian, mesin ATM terlihat tidak mengalami gangguan, namun ketika akan melakukan proses transfer uang ke rekening yang berbeda malah gagal. Hal ini bisa disebabkan karena terdapat gangguan atau proses maintenance yang dilakukan oleh bank.

Oleh karena itu, sebelum melakukan proses transfer melalui mesin ATM, pastikan untuk selalu bertanya pada petugas keamanan yang biasanya berjaga di sekitar mesin ATM, apakan mesin tersebut sedang rusak atau tidak.

Pastikan update dengan aplikasi bank

Selain mesin ATM, layanan transfer uang antara bank bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi. Saat ini hampir semua bank di Indonesia memiliki aplikasi sendiri untuk mempermudah proses transfer.

Namun, jangan lupa untuk selalu update aplikasi tersebut dengan versi terbaru. Jika tidak, bukan tidak mungkin aplikasi tersebut berjalan tidak sempurna, sehingga menyebabkan kita gagal mentransfer sejumlah uang ke rekening yang berbeda.

Baca juga: Tips Terhindat dari Kejahatan Pembobolan Internet Banking

Related

Money 5059073790233100889

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item