Benarkah Detox dengan Jus Bisa Membuang Racun dan Menyehatkan Tubuh?


Naviri Magazine - Proses detoksifikasi umumnya melibatkan pembatasan akan apa yang bisa dikonsumsi tubuh dalam jangka waktu tertentu. Tubuh diharuskan mengonsumsi makanan-makanan segar dan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan. 

Jus pun menjadi minuman yang sering dijumpai dalam berbagai metode detox. Proses detoks dengan mengonsumsi jus sebagai asupan utama umumnya memakan waktu 3-10 hari. 

Keefektifannya terhadap pembersihan racun dalam tubuh belum terbukti secara ilmiah. Namun, ada beberapa manfaat yang kerap dialami orang-orang yang menjalankan detoksifikasi dengan jus, yaitu tambahan nutrisi, melancarkan pencernaan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Perdebatan detox jus sempat menjadi bahan pembicaraan para ilmuwan yang meneliti keefektifan metode ini. Faktanya, orang-orang yang menjalani detox jus dapat mengalami kondisi rentan terkena penyakit.  

Sebuah studi yang mengamati 20 orang partisipan yang menjalani detoks jus menyatakan bahwa benar adanya terjadi penurunan berat badan setelah melakukan diet ini. Rata-rata peserta mengalami penurunan berat badan seberat 1,7 kg. 

Meskipun begitu, para peneliti kemudian menemukan fakta bahwa diet detox jus juga mengakibatkan bakteri baik dalam tubuh ikut menurun jumlahnya, sehingga tubuh rentan terkena penyakit. 

Selain itu, laporan penelitian lainnya mengungkapkan bahwa detoks jus dapat meningkatkan risiko kerusakan ginjal. Pasalnya, dengan hanya mengonsumsi jus dalam menu makanan mereka, kadar asam oksalat pun meningkat. Oksalat adalah asam organik yang dikandung secara alami di banyak tanaman. Senyawa ini juga merupakan nephrotoxic atau senyawa berbahaya bagi ginjal. 

Oleh karena itu, para peneliti merekomendasikan bahwa orang yang mengikuti program detox jus, harus menghitung berapa banyak oksalat yang mungkin mereka konsumsi setiap hari untuk menjaga ginjal mereka tetap sehat.

Dari ulasan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa belum ada bukti ilmiah yang cukup untuk membuktikan adanya manfaat detoks. Detoksifikasi sendiri terjadi secara alami dalam tubuh kita. 

Meskipun begitu, mengonsumsi makanan dan minuman yang menjadi menu detoks tetap merupakan pilihan yang baik untuk meningkatkan kesehatan.

Related

Health 2275312421738664443

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item